Selasa, 30/04/2024 - 06:25 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

GADGETTEKNOLOGI

Hati-hati Pakai Aplikasi Pelacak Kebugaran, Ini Bahayanya

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA – Strava, aplikasi mobile yang bisa dimanfaatkan untuk merekam rute perjalanan bersepeda serta pelari, telah sangat terkenal dan memiliki lebih dari sekitar 76 juta pengguna di seluruh dunia. Namun kini, sejumlah pengguna merasa khawatir terhadap data pribadi yang direkam oleh aplikasi. 

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Penulis senior CNET, Bree Fowler menjadi salah satu pengguna Strava yang mulai mendaftar saat pandemi. Ia mengaku menjadi semakin gemar berlari hingga mengikuti lomba maraton, dan Strava melacak segala aktivitasnya mulai dari lokasi, jarak tempuh, rute hingga data yang dihasilkan oleh tubuhnya, termasuk detak jantung, kecepatan lari, dan skor yang dihasilkan Strava untuk kebugaran secara keseluruhan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Lalu ada aspek sosial dari aplikasi ini. Sekilas, aplikasi ini sangat mirip dengan Facebook. Pengguna Strava memiliki halaman profil dan peta lari serta latihan lainnya untuk kemudian diposting ke feed. Sesama atlet bisa melihat informasi ini dan saling menyemangati, sama seperti saat mereka memberi “like” di Facebook.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Namun para ahli mengatakan bahwa kemiripan dengan Facebook ini seharusnya membuat para pelari berhenti berpikir ulang untuk memberikan informasi pribadi mereka. Selain biaya berlangganan, pengguna Strava dan aplikasi pelacakan kebugaran lainnya membayar dengan beberapa data pribadi mereka. 

ADVERTISEMENTS

Hal ini bisa menimbulkan dampak yang cukup menakutkan bagi keamanan digital dan fisik pengguna, terutama jika mereka tidak mengambil langkah-langkah penting untuk melindungi data mereka.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Ini Bahaya yang Mengintai di Balik Headphone Peredam Bising 

“Sebagai seorang wanita yang sering lari sendirian di jalanan New York, ini adalah sesuatu yang sering saya pikirkan. Para pelari, dan bukan hanya wanita di kota-kota besar, terus diserang, dilecehkan, dan lebih buruk lagi. Pemikiran tentang Strava dan teknologi lainnya yang membuat segalanya menjadi lebih mudah bagi orang-orang jahat, begitu mengkhawatirkan,” kata Fowler dalam tulisannya di CNET, seperti dikutip Senin (19/6/2023).

Mirisnya lagi, banyak atlet yang mungkin tidak tahu bahwa data mereka bisa dilihat orang lain dan berpotensi menempatkan mereka dalam bahaya, demikian menurut kepala tata kelola perusahaan keamanan data Egnyte, Jeff Sizemore.

“Saya benci mengatakan ini dengan cara yang paling menyedihkan, tapi berapa banyak gadis cantik yang terbunuh saat berlari di pagi hari?” kata Sizemore.

Meskipun Sizemore menekankan bahwa dia tidak menyalahkan kematian-kematian tersebut pada penggunaan aplikasi seperti Strava, namun data-data yang dikumpulkan dan dibagikan oleh aplikasi tersebut sangatlah berbahaya. Sayangnya, jelas Sizemore, tergantung pada pengguna untuk melihat secara kritis pada perlindungan data dan praktik berbagi aplikasi sebelum mereka mulai menggunakannya.

Sama seperti fitur ‘like’ dan fokus sosial Strava, Sizemore mengatakan penanganan Strava terhadap masalah keamanan data dan privasi mengingatkannya pada Facebook, di mana aplikasi tersebut lebih memilih untuk membayar denda atas pelanggaran privasi data daripada melindungi penggunanya sejak awal.

Berita Lainnya:
Perusahaan Mobil Listrik Polestar Rilis Smartphone Perdana dengan Fitur AI

“Transparansi tidak ada dan saya tidak merasa bahwa ini adalah perusahaan yang bisa saya percayai. Seperti Facebook, mereka tidak secara proaktif melindungi, mereka bereaksi ketika orang-orang sudah cukup marah,” kata dia.

Sebelumnya, fitur Strava yang dikenal sebagai “Flybys” telah menuai kritik dari para ahli privasi karena berpotensi membahayakan pelari. Fitur ini, yang pada awalnya diaktifkan secara default, memungkinkan pengguna Strava untuk memutar ulang lari mereka dan mengidentifikasi orang-orang yang mereka lewati di sepanjang jalan, serta di mana mereka bertemu dengan mereka.

Pengguna bahkan dapat menggunakan fitur ini untuk mengidentifikasi orang asing. Strava mengubah fitur ini menjadi tidak aktif secara default pada tahun 2020, tetapi pengguna masih bisa memilih untuk mengaktifkannya.

Pelari lain yang memiliki latar belakang di bidang keamanan memilih pendekatan yang lebih offline. Gene Fay, CEO perusahaan keamanan siber ThreatX telah berhasil mengikuti 59 kali lari maraton, dan berencana untuk mengikuti lebih banyak lagi, sebagian besar tanpa bantuan aplikasi atau teknologi kebugaran.

Dia selalu membawa ponsel untuk alasan keamanan, tetapi jam tangan pintar Garmin miliknya, yang digunakan untuk membantu permainan golf dan bukan untuk berlari, hanya digunakan untuk memberi tahu dia jam berapa sekarang.

“Itulah mengapa saya tidak memiliki teknologi apa pun. Saya bukan orang yang elitis atau puritan. Kenikmatan pribadi saya dalam berlari adalah pergi berlari,” kata dia.

 

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi