Sabtu, 04/05/2024 - 12:00 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

OTOMOTIF
OTOMOTIF

Bagaimana China Bisa Menjadi Kekuatan Dominan di Mobil Listrik

ADVERTISEMENTS

Dunia sedang beralih ke kendaraan listrik (EV), tetapi kecepatan dunia mengadopsi teknologi ini tidak sama di semua wilayah. Memang, ada lebih banyak orang yang membeli EV baru di Amerika Serikat daripada sebelumnya, tetapi pangsa pasarnya masih dalam satu digit. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Sebaliknya, pertumbuhan penjualan EV di Eropa melampaui Amerika Utara, tetapi bahkan Eropa pun dikalahkan China. Sebuah negara yang hampir sebesar (atau lebih besar?) dari gabungan semua anggota Uni Eropa dan adopsi EV mereka tersebar luas dan cepat. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Tentu, pasar mobil Norwegia hampir didominasi oleh EV, tetapi itu adalah negara kecil. Sedangkan China, kekuatannya tidak hanya terletak pada jumlah, tetapi juga dalam kekuatan besar  yang dimilikinya dalam hal menghasilkan EV.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Bagaimana China sampai di posisi saat ini?

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

China, yang dulunya adalah negara yang terutama dikenal sebagai pusat tenaga kerja berbiaya rendah, telah berubah menjadi pasar EV terbesar di dunia dan pasar dengan model EV terbanyak. Faktanya, ada lebih dari 100 perusahaan EV di China yang mungkin belum pernah Anda dengar. 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Tapi bagaimana China bisa menjadi yang terdepan dalam perlombaan EV? Seperti segala sesuatu di dunia, ini melibatkan politik. Hingga tahun 2022, pembuat mobil asing yang ingin beroperasi di China harus membentuk usaha patungan dan produksi lokal dengan pembuat mobil China. Ini akan mempromosikan berbagi teknologi dan membantu orang China mendapatkan pengetahuan tentang membuat mobil baru.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Kedengarannya seperti langkah yang hanya akan menguntungkan China, tetapi pada kenyataannya, itu juga menguntungkan pembuat mobil asing, khususnya merek Jerman dan pendapatan mereka. Volkswagen adalah yang pertama beroperasi di China dengan usaha patungan saat ini dengan SAIC dan FAW. 

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Sejak saat itu, pembuat mobil Jerman sekarang memperlakukan China sebagai pasar terpenting dalam laporan tahunan mereka. Volkswagen adalah pembuat mobil terbesar di China, dan kunci kesuksesannya adalah penciptaan model yang khusus melayani China dengan mitra usaha patungan lokalnya — Lavida menjadi salah satu dari beberapa contoh utama.

Tetapi dengan berbagi teknologi dan pengetahuan, muncul kesadaran bagi beberapa pengusaha dan insinyur terkemuka China. Mereka menyadari bahwa meskipun dapat mempelajari cara membuat dan mengembangkan mobil, mereka terlalu jauh ketinggalan dalam teknologi mesin pembakaran internal (ICE) – terutama di samping orang Jerman. 

Freeman Shen, pendiri WM Motor — startup EV Cina, mengatakan kepada The Economist pada tahun 2020, “Anda harus menginvestasikan miliaran dolar AS untuk 20 tahun lagi, dan mungkin kemudian kita akan mendekati kemampuan produsen mbil Jerman.” Dia bahkan menambahkan “Tidak ada harapan”.

Dunia kekurangan EV dan China membuatnya

Berita Lainnya:
Sektor Otomotif Butuh SDM Andal

 

Alih-alih berinvestasi dalam teknologi di mana orang lain sudah berada di depan, mengapa tidak berinvestasi dalam teknologi di mana orang lain masih dalam tahap awal? Dikombinasikan dengan kurangnya warisan apa pun yang akan mencegah mereka melepaskan diri dari ICE, pembuat mobil China bebas berinovasi dan dengan demikian, menciptakan warisan mereka sendiri saat kita memasuki era EV. 

Sejak tahun 2001, teknologi EV menjadi prioritas dalam Rencana Lima Tahun China, yang merupakan cetak biru ekonomi terpenting mereka saat itu. Pada 2007, Wan Gang, yang bekerja sebagai insinyur Audi di Jerman selama satu dekade, menjadi menteri sains dan teknologi negara itu. 

Tinjauan Teknologi MIT mengatakan bahwa Wan dapat disebut sebagai pria yang memimpin bangsa untuk merangkul teknologi EV dan berfungsi sebagai tulang punggung perencanaan ekonomi nasional negara. Pada tahun 2009, China mulai menyubsidi perusahaan untuk memproduksi dan mengembangkan mobil listrik, bus, atau taksi. Kurang dari 500 EV terjual pada saat itu. 

Di tahun 2022 ketika anggaran sekitar 200 miliar RMB (sekitar 29 miliar dolar AS) telah dikucurkan pemerintah China dalam bentuk subsidi, insentif, dan keringanan pajak, lebih dari 6 juta EV telah dijual ke konsumen China pada tahun lalu— terhitung lebih dari setengah penjualan EV global.

Baterai membuat EV world go round

Bagian utama dalam menciptakan industri EV yang kuat adalah membangun rantai pasokan lokal supaya tidak bergantung pada negara lain. Rantai pasokan yang mumpuni ini adalah keunggulan China. Selain itu mereka mampu berinovasi dan mengurangi biayanya dengan cepat. 

Ingat Volvo EX30 dan harga dasarnya yang sangat terjangkau? Ini karena versi dasar yang menggunakan baterai lithium iron phosphate (LFP). Sementara itu LPF adalah sesuatu yang dijauhi oleh perusahaan Barat karena mereka lebih menyukai baterai lithium nickel manganese cobalt (NMC), ketika pada saat bersamaan perusahaan China terus berinovasi pada baterai LFP. 

Baterai LFP lebih murah dan lebih aman, dan meskipun awalnya tidak memenuhi kepadatan energi dan kinerja suhu rendah dari baterai NM. Perusahaan baterai China, yang paling terkenal Contemporary Amperex Technology Co  Limited (CATL) berhasil mempersempit kesenjangan energi LFP sehingga mampu menekan biayanya.

Terakhir, China juga mengontrol banyak bahan yang diperlukan untuk baterai. Mereka tidak memiliki sumber daya alam paling melimpah untuk baterai, tetapi memiliki sebagian besar kapasitas kilang dunia untuk nikel, kobalt, sulfat, litium hidroksida, dan grafit. 

Saat ini, banyak negara sedang menjalin kemitraan dengan negara-negara seperti Chili untuk mendapatkan akses yang lebih besar ke tambang mereka untuk logam tanah jarang, tetapi itu adalah bagian yang kritis–itu masih dibangun. China, di sisi lain, sudah memiliki rantai pasokan baterai yang solid dari bahan mentah hingga produksi selama hampir satu dekade. 

Berita Lainnya:
Garap Pasar Asia Lebih Serius, Toyota dan Daihatsu Jadi Toyota Motor Asia 

Sebagai hasil dari semua investasi ini, CATL telah mendominasi pasokan baterai secara global, menyumbang 34 persen baterai EV di seluruh dunia pada akhir tahun 2022. Di urutan kedua adalah LG Energy Solution dari Korea Selatan, yang menyumbang 14 persen baterai EV. Secara global. CATL, bagaimanapun, hanyalah salah satu dari enam perusahaan China yang merupakan bagian dari 10 pemasok baterai terbesar di dunia.

Bagaimana dengan Tesla?

 

Tesla juga muncul sebagai pemenang di sini dalam budidaya industri EV China. Shanghai Gigafactory-nya beroperasi dengan sangat cepat pada tahun 2019. Untuk memproduksi EV secara lokal, Tesla membutuhkan rantai pasokan lokal yang solid, yang sudah dimiliki China saat itu. 

Shanghai Gigafactory juga merupakan pabrik paling produktif karena lebih dari separuh mobil yang dijualnya pada tahun 2022 berasal dari pabrik tersebut. Catfish effect yang dimiliki Tesla pada industri EV China membuat merek lokal dipaksa untuk mempercepat inovasi. 

Sayangnya untuk Tesla, merek China belajar begitu cepat, bahkan mereka mencoba mencari cara untuk menjadi kompetitif dengan memulai “perang harga” yang sedang berlangsung di China.

Dan di sinilah CATL juga diuntungkan. CATL – sudah menjadi pemasok baterai terbesar di dunia, juga memasok baterai ke Tesla untuk mobil yang diproduksi di Shanghai Gigafactory mereka. 

Jika Anda berpikir CATL tidak bisa menjadi lebih besar, maka di situlah Anda salah, dan salah satu yang sudah mengetuk pintu Paman Sam. Tesla sedang dalam pembicaraan dengan CATL untuk membangun pabrik baterai yang sepenuhnya dimiliki oleh Tesla sendiri sementara teknologi dan bahan kimia yang akan digunakannya dilisensikan dari CATL. 

Ford, di sisi lain, telah menjalin kesepakatan dengan CATL untuk membangun pabrik baterai di Marshall, Michigan yang akan dimiliki dan dioperasikannya, tetapi juga dengan lisensi teknologi baterai dari pemasok baterai China. Tidak mengherankan, kedua langkah tersebut telah memicu kontroversi politik.

Apa selanjutnya untuk China?

Bisakah negara lain meniru kesuksesan China? Hanya waktu yang akan menjawabnya. Amerika Serikat melakukan yang terbaik untuk menumbuhkan industri EV-nya sendiri, terutama dengan Undang-Undang Pengurangan Inflasi. 

Untuk seluruh dunia, startup EV China kini berekspansi ke pasar luar negeri. Sementara politik dan persepsi konsumen terhadap mobil Cina kemungkinan besar akan mempersulit merek-merek ini untuk menembus pasar Amerika Utara, entah bagaimana mereka menjadi lebih sukses di Eropa. Pasar Eropa lebih agresif dalam mendorong EV-nya, namun pada saat yang sama, merek China dan harga mereka yang sangat rendah mampu memenuhi kebutuhan akan EV Eropa yang terjangkau.

 

sumber : topspeed.com

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi