Selasa, 30/04/2024 - 09:13 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

GADGETTEKNOLOGI

Android VS iOS, Mana yang Lebih Mudah Digunakan?

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA – Dua sistem operasi seluler, Android atau iOS, memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, di antara dua itu manakah yang lebih mudah digunakan?

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Sebuah studi baru membahas kegunaan Android dan iOS. Untuk memahami sistem operasi seluler mana yang lebih mudah digunakan, studi ini melihat tugas dan fungsi yang bermasalah pada pengguna.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Studi telah mengambil data dari pencarian Google yang dilakukan oleh pengguna iOS dan Android. Data yang diambil berasal dari pengguna yang tinggal di Amerika Serikat (AS). Hasilnya bisa berbeda jika dipertimbangkan dengan daerah lain.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Studi menganalisis volume pencarian bulanan rata-rata selama 12 bulan sebelumnya dengan format kata kunci pencarian yang berbeda untuk tugas yang berbeda. Dari data yang telah dianalisis, cukup jelas bahwa pengguna Android menghadapi lebih sedikit masalah daripada pengguna iOS.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Akhir Era Nintendo, Wii U dan 3DS Online Tutup

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Misalnya, 84 ribu pengguna iPhone bertanya kepada Google bagaimana cara merekam layar ponsel mereka. Di sisi lain, 24 ribu pengguna Android bertanya serupa.

Perekaman layar adalah tugas dasar. Namun sebagai perbandingan, ada perbedaan 60 ribu dalam hal kueri yang bukan angka kecil. Selain merekam layar ada juga untuk cara menyetel ulang pabrik. Dalam hal ini, iOS memiliki 61 ribu dan Android memiliki 8.400. Di sini, perbedaannya adalah 52.600.

Di antara semua kueri yang dipertimbangkan oleh studi, Android terbukti lebih baik dalam 10 dari 12 kueri. Android memiliki nilai lebih tinggi pada cara mengambil tangkapan layar dan cara memindai kode QR. Dalam kasus keduanya, iOS adalah pemenang cara mengambil tangkapan layar.

Di sisi lain, perbedaan cara memindai kode QR hanya 9.000. Jadi, menurut hasil penelitian yang ditemukan, Android lebih intuitif daripada iOS. Sebaliknya, penelitian menunjukkan iOS memerlukan kurva curam untuk membiasakan diri dengan tugas-tugas dasar.

Berita Lainnya:
Ini Bahaya yang Mengintai di Balik Headphone Peredam Bising 

Meskipun studi menunjukkan iOS lebih mudah digunakan daripada Android, Anda perlu mempertimbangkan satu hal. Ini karena lebih banyak pengguna beralih dari Android ke iOS. Dengan kata lain, jumlah pengguna yang beralih dari iOS ke Android jauh lebih rendah dibandingkan pengguna yang beralih dari Android ke iOS.

Studi terbaru lainnya menunjukkan persentase pengguna yang beralih ke iOS dari Android telah meningkat dalam lima tahun terakhir. Studi tersebut bisa menjelaskan mengapa ada begitu banyak kueri di iOS daripada di Android. Selain itu, meskipun iPhone agak sulit untuk memulai, segalanya menjadi lebih lancar saat Anda memahami iOS. 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi