Rabu, 22/05/2024 - 07:07 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Indonesia Sambut Rencana Mongolia Buka Kembali Kedubes di Jakarta

 ULAANBAATAR – Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyambut rencana Mongolia untuk membuka kembali kedutaan besarnya di Indonesia. Rencana itu telah disampaikan langsung oleh Presiden Mongolia Ukhnaagin Khurelsukh.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

“Kunjungan kehormatan kepada Presiden Mongolia HE Ukhnaagin Khurelsukh (29/6/2023). Senang mendengar langsung dari Presiden tentang rencana Pemerintah Mongolia untuk membuka kembali kedutaan besarnya di Jakarta,” tulis Retno lewat akun Twitter resminya.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Sebelum bertemu Ukhnaagin, Retno telah terlebih dulu melakukan pertemuan dengan Menlu Mongolia Battsetseg Batmunkh pada Rabu (28/6/2023). Dalam pertemuan itu, Battsetseg sudah menyampaikan rencana negaranya membuka kembali kedutaan besarnya di Indonesia.

“Saya juga senang mengetahui rencana Mongolia untuk membuka kembali kedutaan besarnya di Jakarta. Kami senang dapat menandatangani nota kesepahaman tentang Enhancement of Cooperation in the Field of Diplomacy and International Relations,” kata Retno dalam keterangan persnya sesuai melakukan pertemuan dengan Battsetseg.

Berita Lainnya:
Xi Jinping dan Putin Umumkan Kerja Sama Era Baru

Kunjungan kerja Retno ke Mongolia merupakan yang perdana. Dalam pertemuannya dengan Battsetseg, Retno menjajaki peluang memperkuat hubungan bilateral Indonesia-Mongolia. Terdapat beberapa hal yang dibahas Retno dan Battsetseg. Pertama terkait kerja sama ekonomi.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Retno dan Battsetseg sepakat mempromosikan lebih banyak fasilitas perdagangan dan meminimalkan hambatan perdagangan. Terkait hal ini, Indonesia tertarik meningkatkan komoditas ekspor potensialnya ke Mongolia, seperti produk farmasi dan alat elektronik.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Kami juga sepakat untuk menjalin hubungan antara kamar dagang dan industri di kedua negara kita,” ucap Retno.

Hal kedua yang dibahas Retno dan Battsetseg adalah hubungan antar-masyarakat. Mereka sepakat mengintensifkan kerja sama di bidang pariwisata, antara lain dengan mempromosikan lima destinasi super prioritas Indonesia kepada wisatawan asal Mongolia. Topik ketiga yang dibahas kedua menlu adalah tentang perempuan, perdamaian, serta keamanan.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS

Hal keempat yang dibahas Retno dan Battsetseg adalah tentang isu-isu regional. Terkait hal ini, Retno menceritakan tentang keketuaan Indonesia di ASEAN.

Berita Lainnya:
Bolivia Dukung Sanksi untuk Ekuador Menyusul Penggerebekan Kedubes Meksiko

“Bersama anggota ASEAN lainnya, Indonesia akan melakukan yang terbaik: menjadikan ASEAN penting, menjadikan ASEAN dapat melanjutkan perannya sebagai kontributor perdamaian dan stabilitas di kawasan, serta menjadikan Asia Tenggara sebagai episentrum pertumbuhan,” ucap Retno.

Retno mengungkapkan, saat ini Indonesia sedang mempersiapkan penyelenggaraan ASEAN Minister Meeting and Post Ministerial Meeting (AMM/PMC). Salah satu pertemuan tersebut adalah ASEAN Regional Forum (ARF).

Mongolia merupakan salah satu anggota forum tersebut. “Menantikan partisipasi Menteri Battsetseg pada pertemuan ARF di Jakarta bulan depan,” ungkapnya. 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi