Kamis, 02/05/2024 - 18:36 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

Teleskop Luar Angkasa akan Ungkap Misteri Alam Semesta yang Gelap

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA—Sebuah misi untuk mengungkap misteri alam semesta yang gelap diluncurkan pada Sabtu (1/7/2023) waktu Inggris. Teleskop seberat dua ton, yang dinamai dari ahli matematika Yunani kuno Euclid, memulai perjalanan jutaan mil, saat lepas landas dari Cape Canaveral di Florida.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Roket riset akan menuju ke area di luar angkasa yang dikenal sebagai titik Lagrange kedua (L2), di mana gaya gravitasi Bumi dan Matahari kira-kira sama sehingga menciptakan lokasi stabil untuk pesawat ruang angkasa.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Tujuan dari misi yang dipimpin oleh European Space Agency (ESA) adalah lebih memahami dua komponen misterius yang menyusun 95 persen alam semesta, yaitu materi gelap dan energi gelap. Materi gelap menyatukan galaksi-galaksi yang menciptakan lingkungan untuk bintang, planet, dan kehidupan. Sedangkan energi gelap adalah fenomena misterius yang mendorong galaksi menjauh satu sama lain, dan menyebabkan percepatan perluasan alam semesta.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Euclid akan memetakan 10 miliar tahun terakhir sejarah kosmik di lebih dari sepertiga langit, yang menciptakan peta alam semesta 3D terbesar dan paling akurat yang pernah dibuat. Para ahli berharap ini akan membantu menjawab dua pertanyaan kunci, yaitu apa hukum fisika dasar alam semesta, dan bagaimana alam semesta berasal dan terbuat dari apa.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Inggris telah menyumbangkan 37 juta pound (sekitar Rp 707 miliar) untuk misi senilai 850 juta pound (sekitar Rp 16,2 triliun), dengan para ilmuwan memainkan peran kunci dalam merancang dan membangun penelitian dan memimpin salah satu dari dua instrumen ilmiah di dalamnya. Profesor dari Mullard Space Science Laboratory di University College London (salah satu dari empat koordinator sains untuk Euclid), Tom Kitching mengatakan peneliti sangat ingin menjawab teka-teki yang sangat mendasar.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Perubahan Iklim Mempengaruhi Rotasi Bumi dan Waktu

“Apakah model alam semesta kita benar? Apa itu energi gelap? Apakah itu energi vakum (energi partikel virtual yang muncul dan menghilang di ruang kosong)? Apakah ini medan partikel baru yang tidak kita duga? Atau mungkin teori gravitasi Einstein yang salah. Apapun jawabannya, revolusi dalam fisika hampir pasti,” kata Kitching dilansir Daily Mail, Sabtu (1/7/2023).

Euclid dijadwalkan meluncur pada tahun lalu dengan roket Soyuz Rusia, tetapi setelah invasi Ukraina, ESA menandatangani kesepakatan dengan SpaceX milik Elon Musk untuk menggunakan roket Falcon 9 miliknya. Roket dijadwalkan meluncur pada 1 Juli pukul 16.11 waktu Inggris dari Cape Canaveral. Euclid membutuhkan waktu satu bulan untuk mencapai tujuannya.

Ilmuwan dari Mullard Space Science Laboratory telah memimpin pengembangan kamera optik yang dikenal sebagai VIS, instrumen sains yang akan mengambil gambar alam semesta yang jauh. Profesor pemimpin tim kamera VIS, Mark Cropper mengatakan instrumen VIS akan mencitrakan sebagian besar Alam Semesta yang jauh dengan resolusi yang hampir sama dengan Teleskop Luar Angkasa Hubble. VIS disebut mengamati lebih banyak Alam Semesta dalam satu hari daripada yang dilakukan Hubble dalam 25 hari.

Data tersebut akan memungkinkan peneliti untuk menyimpulkan distribusi materi gelap di alam semesta lebih tepat daripada sebelumnya. “Galaksi yang dicitrakan berusia hingga 10 miliar tahun jadi kita juga akan melihat bagaimana materi gelap berevolusi selama sebagian besar sejarah alam semesta. Alam semesta pada skala ini belum terlihat dalam tingkat detail ini,” ujar Cropper.

Misi enam tahun Euclid bertujuan untuk meneliti alam semesta yang gelap untuk lebih memahami mengapa dia berkembang pesat. Ini akan menggunakan fenomena kosmik yang dikenal sebagai pelensaan gravitasi, di mana materi bertindak seperti kaca pembesar, membengkokkan dan mendistorsi cahaya dari galaksi dan gugus di belakangnya, untuk menangkap gambar berkualitas tinggi.

Berita Lainnya:
Gletser di Puncak Jaya Papua Terus Mencair, Ketebalannya Kini Tinggal Dua Meter

Bidang pandang VIS yang luas berarti bahwa meskipun akan mengambil gambar yang hampir setajam teleskop Ruang Angkasa Hubble, dia akan mencakup area langit yang jauh lebih luas. Setiap gambar membutuhkan 300 layar TV definisi tinggi untuk ditampilkan, dan akan memungkinkan untuk mengukur bentuk lebih dari 1,5 miliar galaksi. “Ini adalah gambar yang besar dan belum pernah ada sebelumnya,” kata Cropper.

Data yang dikirim kembali oleh Euclid juga akan membantu para astronom mendapatkan wawasan tentang materi gelap yang sulit dipahami, yaitu partikel yang tidak menyerap, memantulkan, atau memancarkan cahaya. Materi gelap tidak dapat dilihat secara langsung, tetapi para ilmuwan mengetahuinya karena efeknya terhadap objek yang dapat diamati secara langsung.

Penyelidikan itu juga membawa instrumen cahaya inframerah, yang disebut NISP. NISP dipimpin oleh para ilmuwan di Prancis. NISP bertujuan mengukur jarak ke galaksi, yang akan menjelaskan dengan cepat alam semesta mengembang.

Profesor dari University of Edinburgh, yang memimpin analisis data pelensaan gravitasi untuk Euclid, Andy Taylor mengatakan ini adalah waktu yang sangat menarik untuk astronomi, dan kosmologi pada khususnya. “Euclid dirancang untuk menjawab beberapa pertanyaan terbesar yang kita miliki tentang alam semesta,” ujar Taylor.

Profesor dan direktur Institute of Cosmology and Gravitation (ICG) di University of Portsmouth, Adam Amara adalah salah satu orang pertama yang mengusulkan ide teleskop 18 tahun lalu dan terlibat dalam desain dan spesifikasinya selama tahap awal. “Ada bagian dari diriku yang tidak percaya ini benar-benar terjadi. Pada 2005, sekelompok kecil dari kami meluncurkan ide ini,” kata Amara.

Kini, hampir 20 tahun kemudian, ada hampir 3.000 orang telah bekerja sama untuk mewujudkan mimpi ini. Fase selanjutnya, di mana peneliti benar-benar mengukur alam semesta pasti akan menjadi sangat menarik. 

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi