Minggu, 05/05/2024 - 05:50 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Cina Ingin Tingkatkan Komunikasi dengan Jepang dan Korsel

ADVERTISEMENTS

Diplomat senior Cina Wang Yi mengatakan bahwa Cina, Jepang dan Korsel harus bertemu untuk memberikan kontribusi yang lebih besar bagi kebangkitan Asia.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

QINGDAO — Cina pada Senin (3/7/2023) menyatakan keinginannya untuk meningkatkan komunikasi dengan Jepang dan Korea Selatan guna membangun momentum menuju pertemuan tingkat tinggi trilateral dan pertemuan-pertemuan tingkat tinggi lainnya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Saat memberikan sambutan pada pembukaan forum kerja sama trilateral di Qingdao, diplomat senior Cina Wang Yi mengatakan bahwa ketiga negara tersebut harus “menciptakan suasana untuk memulai kembali pertemuan-pertemuan para pemimpin”.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Dia juga menyebut Beijing, Tokyo, dan Seoul harus “melangkah bersama” untuk “memberikan kontribusi yang lebih besar bagi kebangkitan Asia.”

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Eratkan Belt and Road Initiative, Fokus Utama Kunjungan Menlu China

Di tengah persaingan Cina dan Amerika Serikat yang meningkat, Wang mengatakan bahwa Cina, Jepang, dan Korea Selatan harus mencegah masuknya konflik-konflik geopolitik dan konfrontasi blok ke kawasan.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Jepang dan Korea Selatan kini telah meningkatkan hubungannya dengan Amerika Serikat.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Ketiga negara Asia itu berencana mengadakan KTT tiga arah pada akhir tahun ini. Pertemuan tersebut bakal menjadi pertemuan trilateral mereka sejak Desember 2019.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Pertemuan trilateral para pemimpin tiga negara tersebut belum digelar lagi dalam beberapa tahun terakhir di tengah pandemi Covid-19 serta ketegangan hubungan Jepang dan Korea Selatan atas perselisihan soal perburuhan pada masa perang.

Wang juga turut memberikan komentar tentang rencana Jepang untuk melepaskan ke laut air radioaktif dalam jumlah besar dari pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Fukushima yang hancur.

Berita Lainnya:
Jokowi dan Menlu China Bahas Proyek Kereta Cepat Sampai Surabaya

Wang mengatakan rencana tersebut “harus ditangani dengan hati-hati dan koordinasi mendalam dengan negara-negara tetangga,” karena menyangkut lingkungan ekologi laut dan keselamatan kehidupan banyak orang.

Menteri Luar Negeri Jepang Yoshimasa Hayashi mengatakan dalam sebuah pesan video kepada forum yang digelar di Qingdao itu bahwa dia berharap pertemuan tersebut akan mengarah pada kerja sama trilateral yang lebih dalam.

Menteri Luar Negeri Korea Selatan Park Jin mengatakan secara daring bahwa Seoul siap bekerja sama untuk menghidupkan kembali pembicaraan antar pemerintah ketiga negara.

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi