Kamis, 02/05/2024 - 11:57 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Alquran akan Memberi Syafaat di Hari Kiamat

ADVERTISEMENTS

Siswa sekolah Islam Pakistan membaca Alquran di jalan saat demonstrasi menentang Swedia di Karachi, Pakistan, (6/7/2023).

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

 JAKARTA — Syafaat dianggap sebagai rahmat dan kemuliaan dari Allah kepada hamba-hamba-Nya. Dalam konteks Alquran, diyakini bahwa Alquran memiliki keistimewaan dan kekuatan untuk memberikan syafaat di Hari Kiamat.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Ayat-ayat dalam Alquran mengungkapkan bahwa Alquran akan menjadi saksi bagi umat Muslim yang mematuhi ajarannya dengan baik dan menjalankan kehidupan mereka sesuai dengan ketentuan-Nya. Alquran juga dianggap sebagai petunjuk hidup yang memberikan kebaikan dan petunjuk kepada umat manusia.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Namun, penting untuk dicatat bahwa syafaat yang diberikan oleh Alquran pada Hari Kiamat adalah wewenang yang diberikan oleh Allah. Hanya dengan kehendak-Nya, Alquran dapat memberikan syafaat kepada mereka yang berhak menerimanya.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Kasih Sayang Rasulullah SAW kepada Anak Yahudi yang Membuatnya Masuk Islam

Oleh karena itu, dalam Islam, umat Islam diajarkan untuk memperoleh pemahaman yang baik tentang Alquran, mengamalkan ajarannya, dan menjalani hidup yang saleh agar berhak mendapatkan syafaat tersebut.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

 

Dalam sebuah hadits dijelaskan,

عَنْ أَبِي أُمَامَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : اِقْرَؤُوْا القُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِي يَوْمَ القِيَامَةِ شَفِيْعًا لِأَصْحَابِهِ . رَوَاهُ مُسْلِمٌ

Dari Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa ia mendengar Rasulullah SAAW bersabda, “Bacalah Alquran karena pada hari kiamat, ia akan datang sebagai syafaat untuk para pembacanya.” (HR Muslim).

Berita Lainnya:
Mana Lebih Dulu, Puasa Syawal atau Bayar Utang Puasa Ramadhan?

Keterangan dari Nuzhah Al-Muttaqin (hlm. 394), syafii’an adalah memberi syafaat dengan memintakan ampun pada shahibul quran, yakni orang yang membaca dan mengamalkan hukum serta petunjuk dalam Alquran.

Hadits di atas mendorong umat Islam agar memperbanyak membaca Alquran. Karena, Alquran mengandung banyak keutamaan dan keagungan. Tidak saja bagi mereka yang membaca, tetapi juga bagi mereka yang mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

 

“Sebaik-baik kalian adalah orang yang membaca Alquran dan mengajarkannya.” (HR Bukhari dari Usman bin Affan).

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi