Senin, 27/05/2024 - 05:00 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Alquran akan Memberi Syafaat di Hari Kiamat

Siswa sekolah Islam Pakistan membaca Alquran di jalan saat demonstrasi menentang Swedia di Karachi, Pakistan, (6/7/2023).

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

 JAKARTA — Syafaat dianggap sebagai rahmat dan kemuliaan dari Allah kepada hamba-hamba-Nya. Dalam konteks Alquran, diyakini bahwa Alquran memiliki keistimewaan dan kekuatan untuk memberikan syafaat di Hari Kiamat.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Ayat-ayat dalam Alquran mengungkapkan bahwa Alquran akan menjadi saksi bagi umat Muslim yang mematuhi ajarannya dengan baik dan menjalankan kehidupan mereka sesuai dengan ketentuan-Nya. Alquran juga dianggap sebagai petunjuk hidup yang memberikan kebaikan dan petunjuk kepada umat manusia.

Namun, penting untuk dicatat bahwa syafaat yang diberikan oleh Alquran pada Hari Kiamat adalah wewenang yang diberikan oleh Allah. Hanya dengan kehendak-Nya, Alquran dapat memberikan syafaat kepada mereka yang berhak menerimanya.

Berita Lainnya:
Kedudukan Orang yang Menyantuni Anak Yatim di Surga

Oleh karena itu, dalam Islam, umat Islam diajarkan untuk memperoleh pemahaman yang baik tentang Alquran, mengamalkan ajarannya, dan menjalani hidup yang saleh agar berhak mendapatkan syafaat tersebut.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Dalam sebuah hadits dijelaskan,

عَنْ أَبِي أُمَامَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : اِقْرَؤُوْا القُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِي يَوْمَ القِيَامَةِ شَفِيْعًا لِأَصْحَابِهِ . رَوَاهُ مُسْلِمٌ

ADVERTISEMENTS

Dari Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa ia mendengar Rasulullah SAAW bersabda, “Bacalah Alquran karena pada hari kiamat, ia akan datang sebagai syafaat untuk para pembacanya.” (HR Muslim).

ADVERTISEMENTS

Keterangan dari Nuzhah Al-Muttaqin (hlm. 394), syafii’an adalah memberi syafaat dengan memintakan ampun pada shahibul quran, yakni orang yang membaca dan mengamalkan hukum serta petunjuk dalam Alquran.

Berita Lainnya:
Sholat Sunnah yang Mudah, tapi Hadiahnya Rumah di Surga

Hadits di atas mendorong umat Islam agar memperbanyak membaca Alquran. Karena, Alquran mengandung banyak keutamaan dan keagungan. Tidak saja bagi mereka yang membaca, tetapi juga bagi mereka yang mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

 

“Sebaik-baik kalian adalah orang yang membaca Alquran dan mengajarkannya.” (HR Bukhari dari Usman bin Affan).

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi