Rabu, 01/05/2024 - 20:51 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Kemendag Dorong UMKM Manfaatkan Pasar Digital

ADVERTISEMENTS

Pekerja menyiapkan barang untuk dikirim kepada konsumen di Warehouse Sociolla. Kementerian Perdagangan mendukung UMKM memperluas pasar melalui penjualan di lokapasar.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

JAKARTA — Di tengah berkembangnya lokapasar tanah air, sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan salah satu sektor yang perlu didorong untuk memanfaatkan peluang tersebut. Kementerian Perdagangan mendukung UMKM memperluas pasar melalui penjualan di lokapasar.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Transaksi perdagangan sektor UMKM diharapkan terus meningkat seiring meningkatnya pertumbuhan nilai perdagangan elektronik di Indonesia. Namun perlu dicatat, mutu produk dan kepuasan pelanggan tetap jadi prioritas utama baikbagi pelaku usaha maupun penyedia jasa platform lokapasar.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Konsumen perlu dilindungi melalui penyediaan informasi secara transparan dan simetris sehingga transaksi aman dan terjamin,” tegas Direktur Standardisasi dan Pengendalian Mutu Matheus Hendro Purnomo lewat keterangan persnya, Senin (17/7/2023).

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
PLN: National Electrification Ratio Has Reached 99.79 Percent

Besarnya potensi lokapasar tanah air dapat dilihat dari data Asosisasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia yang menunjukkan tingkat penetrasi internet di Indonesia pada 2022 mencapai 215,63 juta jiwa atau setara 78,19 persen total populasi Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan daring sudah menjadi sebuah kebiasaan. Di samping itu, pemasaran produk secara daring dapat dilakukan dengan mudah melalui ponsel pintar.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

 

Hal ini akan memperluas segmentasi pasar dan memudahkan komunikasi dengan pelanggan. Melalui penelitian yang dilakukan oleh Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) menunjukkan, strategi pemasaran dengan menargetkan konsumen yang spesifik mampu meningkatkan pemasaran produk. Target tersebut memprioritaskan lokasi penjual yang terdekat dengan konsumen, sehingga mempermudah konsumen mencari produk dan akhirnya dapat menciptakan peluang serta potensi bagi UMKM lokal.

Berita Lainnya:
Bea Cukai Kupang Dampingi Pelaku Usaha Lakukan Ekspor Langsung

“Pemerintah aktif berkontribusi dalam meningkatkan literasi digital dan pemanfaatan platform lokapasar. Kementerian Perdagangan memilikitenaga fasilitator yang memberikan pendampingan dan pembinaan kepada pelaku usaha dalam mengenalkan kewirausahaan, pemasaran, hingga pengembangan penjualan di lokapasar,” jelas Hendro.

Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia Nursida Yaru,yangturut hadir dalam kegiatan inimenambahkan, pihaknya mempunyai visi membangun sebuah super ekosistemyang akan menjadi sebuah tempat untuk memenuhi segala kebutuhan.

“Sebanyak 14 juta pelaku usaha telah memanfaatkan Tokopedia dalam menjalankan usahanya. Sebesar 86,5 persen di antaranya adalah pelaku usaha baru. Beberapa program yang disediakan Tokopedia adalah percepatan digitalisasi UMKM, pengembangan fitur dan layanan untuk membantu mempromosikan produk, sosialisasi perijinan untuk meningkatkan ketahanan UMKM, serta pengembangan fitur dan layanan untuk membantu pendanaan dan permodalan bagi UMKM,” katanya.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi