Senin, 06/05/2024 - 15:01 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Mereka yang Menolak dan Meminta Maaf Setelah Kritik Israel

ADVERTISEMENTS

WASHINGTON – Kebijakan dan aksi Israel memicu kritik dari kalangan internasional. Ada yang tetap pada kritiknya tetapi ada juga yang akhirnya meminta maaf kepada Israel atas kritik yang disampaikan atas kebijakan-kebijakan mereka. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Terbaru, pada Ahad (16/7/2023) anggota Kongres AS dari Partai Demokrat, Pramila Jayapal meminta maaf atas ucapan sehari sebelumnya menyatakan Israel negara rasis. Namun ada pula yang menolak menarik kritiknya, seperti Sekjen PBB Antonio Guterres. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Guterres mengkritik serangan Israel terhadap kamp pengungsian Jenin, di Tepi Barat yang dimula 3 Juli dan berakhir 4 Juli lalu. Duta Besar Israel untuk PBB mendesak Guterres menarik kembali kecaman atas serangan Israel ke Jenin, Tepi Barat. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Guterres menyatakan pasukan Israel menggunakan kekuatan berlebihan dalam menyerang Jenin. Namun, Guterres tak sudi menarik kecamannya tersebut. Wakil juru bicara PBB, Farhan Haq pada Jumat (7/7/2023) merespons desakan dubes Israel itu. 

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Pakistan Akui Batasi Akses Media Sosial X 

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Ia menyatakan, Guterres menyampaikan pandangannya terhadap operasi militer Israel di kamp pengungsi Jenin.  ‘’Dia tetap pada pandangannya tersebut,’’ kata Haq seperti dilansir laman berita Aljazirah, Sabtu (8/7/2023). 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Guterres merasa marah dengan serangan udara Israel atas Jenin pada awal Juli lalu yang membahayakan warga sipil. Ia menyampaikan pernyataannya pada Kamis lalu, merespons serangan danmpak yang ditimbulkan militer Israel. 

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Lebih dari 100 warga sipil terluka, ribuan warga mengungsi, sekolah dan rumah sakit rusak, dan saluran air dan listrik mati. 

‘’Serangan udara Israel dan operasi militer di lapangan di kamp pengungsi yang padat merupakan kekerasan terburuk di Tepi Barat dalam beberapa tahun ini, dengan dampak signifikan bagi warga sipil,’’ kata Guterres. 

Sekjen PBB ini juga mengkritik Israel yang menghalangi  warga terluka mendapatkan perawatan medis dan pekerja kemanusiaan memberikan bantuan kepada warga sipil. Sebanyak 12 orang di antaranya empat anak-anak meninggal dalam serangan Israel ke Jenin. 

Berita Lainnya:
Biden: Netanyahu tidak Berbuat cukup untuk Fasilitasi Bantuan Gaza

Anggota parlemen dari Partai Demokrat Pramila Jayapal, Ahad (16/7/2023) meminta maaf telah menyebut Israel negara rasis. ‘’Saya tak berniat menepis luka mendalam warga Israel dan komunitas Yahudi diaspora yang masih merasakan trauma persekusi dan kekerasan besar-besaran, Holocaust serta anti-Semit dan kekerasan sarat kebencian hingga sekarang,’’ kata Jayapal. 

Jayapal menyatakan sejak lama mendukung solusi dua negara dalam konflik yang melibatkan Palestina dan Israel. Namun ia pun menegaskan sikapnya yang menentang perluasan permukiman di wilayah yang diduduki Israel. 

Sehari sebelumnya, Jayapal menyampaikan pernyataan yang melabeli Israel negara rasis. Sejumlah laporan media menyebutkan, saat itu Jayapal berbicara dalam sebuah konferensi di Chicago dan para pengunjuk rasa pro-Palestina menginterupsi panel diskusi.  

 

sumber : Reuters

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi