Selasa, 30/04/2024 - 05:14 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Ekonom Sarankan Bandara Kertajati Optimalkan Layani Umroh dan Kargo

ADVERTISEMENTS

Jamaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) pertama embarkasi Kertajati tiba di bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Ahad (9/7/2023). Sebanyak 363 jamaah haji kloter pertama asal Majalengka kembali ke tanah air setelah menunaikan rangkaian ibadah haji di tanah suci.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

JAKARTA — Ekonom sekaligus Direktur Center of Economics and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira menyarankan agar Bandara Kertajati dioptimalkan sebagai bandara yang melayani umrah, haji, dan logistik kargo setelah seluruh ruas Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) terkoneksi. Fungsi sebagai bandara yang melayani haji dan umrah harus segera dilakukan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Saya lebih menyarankan operasional Bandara Kertajati untuk layanan umrah dan haji terlebih dahulu. Fungsi Bandara Kertajati sebaiknya ditujukan sebagai bandara yang melayani umrah, haji, dan logistik kargo,” kata Bhima, di Jakarta, Selasa (18/7/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Diam-Diam Sahabat Nabi Muhammad Ini Tahu Kapan Malam Lailatul Qadar, Kapan?
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Menurut dia, fungsi sebagai bandara yang melayani umrah dan haji harus segera dilakukan, dan bahkan kalau perlu bukan hanya untuk wilayah Jawa Barat, tetapi bisa juga diperluas dengan mencakup wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya.

ADVERTISEMENTS

“Dengan demikian, semua masyarakat yang melakukan umrah bisa berangkat melalui Bandara Kertajati. Hal ini dikarenakan kegiatan umrah akan terus ada, selain daripada haji,” katanya pula.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

 

Bandara Kertajati juga harusnya bisa difungsikan sebagai pusat logistik, sehingga dapat menutup dari sisi biaya operasional. Bhima berharap kalau bisa secepatnya optimalisasi Bandara Kertajatidi Majalengka, karena biaya pembangunan tersebut besar sehingga dapat terjadi pengembalian keuntungan dalam jangka waktu pendek.

Berita Lainnya:
Jamaah Haji Ingin Meninggal di Tanah Suci, Benarkah Jadi Tanda Husnul Khatimah?

Jalan Tol Cisumdawuterkoneksi sepenuhnya dengan Jalan Tol Cikopo-Palimanan dan Bandara Kertajati. Tol Cisumdawu ini difungsikan untuk mendukung operasional Bandara Kertajati agar lebih maksimal ke depannya, dimana tahun ini Bandara Kertajati menjadi lokasi keberangkatan 25 kloter jamaah haji. Dengan adanya Jalan Tol Cisumdawu ini, maka masyarakat dari Bandung dan sekitarnya yang hendak menuju Bandara Kertajati dan daerah-daerah di sekitarnya tidak perlu lagi memutar ke arah Tol Cipali dan Tol Cipularang.

Sedangkan Bandara Kertajati merupakan bandara terbesar kedua di Indonesia setelah Bandara Soekarno-Hatta. Bandara tersebut memiliki kapasitas terminal penumpang mencapai 5,6 juta penumpang per tahun. Bandara Kertajati merupakan salah satu dari Proyek Strategis Nasional (PSN) di Jawa Barat yang sedang dikembangkan oleh pemerintah.

 

sumber : antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi