Senin, 06/05/2024 - 01:27 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

GADGETTEKNOLOGI

Daftar Aplikasi Penguras Baterai Ponsel Lebih Cepat

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA—Aplikasi media sosial, layanan streaming, dan beberapa gim merupakan faktor yang menguras baterai ponsel. Menurut pakar teknologi di Decluttr, sebuah situs web perdagangan teknologi, aplikasi yang paling merusak masa pakai baterai ponsel cerdas Anda adalah aplikasi yang terus berjalan di latar belakang, bahkan saat tidak digunakan secara aktif.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Facebook dan Instagram, Twitter, Snapchat, dan TikTok yang dimiliki Meta adalah beberapa yang paling menguras baterai. Alasannya, ahli menjelaskan aplikasi tersebut memiliki akses ke lokasi, mikrofon, kamera, dan kontak setiap saat. Beberapa waktu lalu, pengguna mengeluh bahwa aplikasi media sosial baru Meta, Threads telah menguras baterai ponsel mereka.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Beberapa pengguna aplikasi microblogging baru itu yang frustrasi, bahkan menghapus Threads setelah menghabiskan masa pakai baterai di ponsel mereka. Selain aplikasi media sosial, Decluttr memperingatkan aplikasi streaming, termasuk Spotify dan Netflix juga menghabiskan baterai ponsel seperti dilansir dari Daily Mail.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Aplikasi untuk layanan taksi Uber juga menghabiskan masa pakai baterai, karena itu memiliki akses ke lokasi, mikrofon, dan media, serta informasi keuangan. Aplikasi gim seperti Candy Crush juga menghabiskan masa pakai baterai ponsel karena membutuhkan banyak daya pemrosesan, apalagi pengguna sering kali bermain untuk waktu yang lama.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Galaxy Tab S6 Lite 2024 Meluncur di Indonesia Rp 4,9 Jutaan

Salah satu cara untuk mengurangi penggunaan baterai dari aplikasi ini dengan mematikan akses ke fitur, seperti kamera dan mikrofon. Mengubah akses lokasi untuk mengizinkan hanya saat Anda menggunakan aplikasi juga dapat membantu mempertahankan masa pakai baterai ponsel cerdas Anda lebih lama.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Kiat lainnya adalah mematikan pengaturan Background App Refresh ponsel, yang memungkinkan aplikasi memeriksa pembaruan dan konten baru meskipun tidak digunakan secara aktif. Aplikasi baru Threads ditautkan ke Instagram, yang memungkinkan pengguna untuk mengikuti akun yang sudah mereka minati di platform berbagi foto. Sementara jutaan pengguna dengan cepat mengunduh penawaran terbaru Meta, tapi banyak yang mengeluhkan efeknya pada baterai ponsel mereka.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Apakah Threads menguras baterai iPhone atau apakah ada sesuatu yang berubah dengan iPhone akhir-akhir ini? Saya tidak menggunakan aplikasi sama sekali, tetapi akhir-akhir ini baterai saya terkuras jauh lebih banyak dari biasanya,” ungkap komentar bernada keluhan di Twitter.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
Berita Lainnya:
Samsung Lengserkan Apple Sebagai Pembuat Smartphone Terbesar Dunia

“Jangan unduh Threads, itu akan menguras baterai Anda. Tadi malam saya pergi tidur dengan ponsel yang terisi penuh dan bangun dengan baterai 60 persen, saya menghapus aplikasi bodoh itu,” ujar pengguna lain.

Meski alasan pengurasan baterai ini masih belum jelas, pakar keamanan siber Jake Moore menyebut hal itu bisa terjadi karena proses yang disebut pengujian negatif. Moore mengatakan aplikasi Meta telah lama disebut menyebabkan baterai iPhone terkuras. “Sebuah proses yang disebut pengujian negatif digunakan untuk membantu pengembang mempelajari bagaimana orang menggunakan aplikasi untuk membuatnya lebih baik dan Facebook telah dianggap menggunakan ini di masa lalu,” kata Moore.

Moore menjelaskan pengujian negatif melibatkan analisis respons aplikasi saat entri yang tidak valid dimasukkan. Dalam konteks Facebook, pengujian negatif dapat digunakan untuk menilai fungsionalitas fitur tertentu atau mengukur kecepatan pemuatan pesan saat baterai habis lebih cepat dari biasanya. Hal ini mungkin tidak bertentangan dengan kebijakan mereka sendiri, tetapi dapat membuat frustasi jika Anda adalah salah satu akun yang mereka gunakan untuk menganalisis.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi