Jumat, 24/05/2024 - 06:55 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

IKA UII Perkenalkan Kisah Ande-Ande Lumut di Melbourne

IKA UII pentaskan kisah Ande Ande Lumut di Melbourne.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

JAKARTA — Bertempat di RMIT Capitol Theatre, Melbourne VIC, Ikatan Keluarga UII (IKA UII), bekerjasama dengan Konsulat Jenderal RI Melbourne dan Perwira inc menggelar pementasan Ande-Ande Lumut (29/7/2023). Acara ini adalah bagian dari promosi kekayaan budaya nusantara di Australia. 

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Kisah Ande-Ande Lumut adalah hikayat rakyat dari daerah Jawa Timur yang sangat popular dan syarat nilai. Mengisahkan tentang perjalanan pangeran dan seorang putri raja mencari jati diri dan cinta sejati ditengah kecamuk perang dua kerajaan besar, Jenggala dan Kediri. 

Berita Lainnya:
Saleh Daulay Doakan PAN Dapat Banyak Jatah Menteri, Prabowo: Masuk Itu Barang

Sekretaris Jenderal IKA UII, Dr. Ari Yusuf Amir, SH, MH berperan sebagai Raja Jenggala. Sementara Pemeran utamanya adalah Mahasiswa Melbourne University, yang juga anak dari Ari Yusuf Amir, yaitu Diva Eldyn Rizieq Yusuf sebagai Ande-Ande Lumut. 

Alur ceritanya, Kerajaan Jenggala dan Kerajaan Kediri dahulu adalah kerajaan Kahuripan. Terpecah karena perang saudara. Raja Kediri berhasrat menghidupkan Kembali kejayaan kerajaan Kahuripan. Langkahnya dengan menikahkan anaknya, Raden Panji Asmorobangun dengan Dewi Sekartadji, putri Kerajaan Jenggala yang memang saling mencintai. 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Polisi Buru Dua DPO Dalam Kasus Penyalahgunaan Narkotika Epy Kusnandar

Mulanya Raja Jenggala menerima pinangan untuk putrinya dari Kerajaan Kediri, namun istrinya yang merupakan Ibu Tiri dari Dewi Sekartadji tidak rela. Si Ibu Tiri yang picik ini khawatir kalau pernikahan itu terjadi maka kekuasaan akan sepenuhnya berada di tangan Dewi Sekartadji, dan ia akan kehilangan previllagenya di Istana. Ia hanya ingin putri kandungnya yang bernama Candra Kirana yang dijodohkan dengan Sang Pangeran.  

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

 

 

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi