Rabu, 08/05/2024 - 06:52 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Menjaga Keamanan Data Jadi Bagian Penting Kecermatan Dunia Digital

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Menjaga keamanan data di platform online menjadi penting pada era digital. Hal itu tidak hanya soal teknologi, menjaga keamanan data, juga menjadi bagian penting dari kesadaran dan kecermatan di dunia digital.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Koordinator Literasi Digital Bagi Masyarakat, Rizki Amelia menerangkan, masyarakat sebaiknya memahami terlebih dahulu apa itu data pribadi. Menurut dia, data yang sifatnya dapat digunakan untuk mengidentifikasi seseorang. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Kalau kita tahu data pribadi itu apa, maka kita akan sadar itu adalah alat vital saya. Mau saya jaga atau sebarluaskan,” kata Rizki dalam webinar ‘Menjaga Keamanan Data di Platform Digital’ di Jakarta, dikutip Sabtu (2/9/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Tim Hukum Amin Yakin Amicus Curiae Jadi Bahan Pertimbangan Hakim
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Karena itu, Rizki menegaskan, dalam dunia digital ada aturan tak tertulis bernama etika, yaitu masyarakat harus saling menjaga dengan tidak menyebarluaskan data milik orang lain tanpa izin.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Head of Research CfDS Hafiz Noer menyampaikan, untuk melindungi data dan informasi di dunia maya, masyarakat dapat mengambil langkah praktis saat bertransaksi dan berinteraksi dengan membuka kesadaran akan pentingnya keberadaan data itu sendiri. 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Hafiz menerangkan, masyarakat pun harus mengenali dan memahami bahwa terdapat dua klasifikasi data, yaitu data umum dan data pribadi. Masyarakat juga harus paham akan akreditasi platform sebelum memberikan data.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Tak hanya itu, masyarakat sebaiknya berhati-hati saat mengakses wifi di ruang publik. Karena celah kebocoran data sangat lebar. Sehingga, diperlukan pembersihan cookies, penggantian pasword, dan nomor ponsel secara berkala.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
Berita Lainnya:
Alasan Teuku Ryan Jarang Beri Nafkah Batin ke Ria Ricis Terkuak, Sebut Ingin Pertahankan Stamina

“Saya kira ini tidak hanya literasi, tapi juga kecakapan digital. Dengan literasi kita mengetahui dan aware, tapi ketika kita cakap digital tahu mana yang boleh dan mana yang tidak,” ujar Hafiz.

Menurut Head of Information Security GRC and Data Privacy Halodoc, Henrico Samosi, sebagai platform yang menyediakan layanan kesehatan masyarakat, Halodoc menerapkan kebijakan kebijakan privasi dan layanan data yang diterapkan sejalan dengan regulasi pemerintah. Hal itu juga diikuti transparansi tentang bagaimana platform mengelola dan memproses data pribadi. 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi