Rabu, 19/06/2024 - 11:11 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Politik dan Sejarah Masuknya Islam di Spanyol

JAKARTA — Spanyol adalah perpaduan multikultural masyarakat dari tiga agama besar monoteistik, yaitu Muslim, Kristen, dan Yahudi. Selama lebih dari tiga abad di Spanyol Abad Pertengahan, ketiga umat agama ini hidup rukun dan sejahtera dalam kekuasaan politik Islam.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Pada 711, kerajaan Islam memasuki Spanyol, sebuah negeri yang kaya budaya. Kekuaaan Islam pertama kali menginjakkan kaki di Spanyol pada masa kekuasaan Dinasti Umayah I di Damaskus, tepatnya pada masa Khalifah Walid Ibn Abdul Malik Malik (86-96 H/705-715 M).

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Dilansir BBC, awalnya seorang pemimpin Kristen yang tertindas, Julian, menemui gubernur Afrika Utara, Musa bin Nusair untuk memohon bantuan melawan penguasa tirani Visigoth di Spanyol, Raja Roderick.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Setelah itu, Musa membalasnya dengan mengirimkan jenderal muda Thariq bin Ziyad dengan pasukan sebanyak 7000 tentara, ada yang bilang 12 ribu. Hingga akhirnya tentara Muslim berhasil mengalahkan tentara Visigoth dengan mudah, dan Roderick terbunuh dalam pertempuran.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda
Berita Lainnya:
Sleman Berangkatkan Kloter Pertama Calon Jamaah Haji

Setelah kemenangan pertama, kaum Muslim menaklukkan sebagian besar wilayah Spanyol, seperti Granada, Toledo, dan Cordova. Pada 720, Spanyol sebagian besar sudah berada di bawah kendali Muslim (atau disebut Moor).

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Salah satu alasan keberhasilan Muslim yang pesat adalah syarat menyerah yang mereka tawarkan kepada rakyat Spanyol, yang mana sangat kontras dengan kondisi keras yang diberlakukan oleh penguasa Visigoth sebelumnya.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Pasukan Muslim menyerbu dan dalam tujuh tahun menaklukkan semenanjung Iberia. Pada 732, kerajaan Islam pun telah mampu menyatukan sebagian besar semenanjung dan menyebutnya Andalusia atau Spanyol Selatan. Nama Andalusia sendiri berasal dari istilah Al-Andalus yang digunakan oleh bangsa Arab, berasal dari suku Vandal yang pernah menetap di wilayah tersebut.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Di bawah kekuasaan Islam, orang Yahudi dan Kristen beribadah dengan bebas tanpa takut akan penganiayaan. Namun, pada dekade-dekade berikutnya, Al-Andalus seringkali menjadi tempat percampuran budaya dan kesetiaan yang penuh gejolak, termasuk suku Amazigh (Berber), Arab dan penduduk asli Muslim, Kristen, dan Yahudi.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024
Berita Lainnya:
Tiga Kunci Keberkahan untuk Pedagang

Pada masa ini, Al-Andalus juga menyaksikan munculnya tokoh-tokoh besar, lahirnya kota-kota penting, bangkit dan runtuhnya dinasti yang berkuasa, dan pertempuran yang menentukan. Semua ini berkontribusi pada peradaban yang kaya secara budaya, beragam, dan berkembang.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

Stabilitas di Spanyol Muslim terjadi dengan berdirinya Dinasti Umayyah Andalusia, yang berlangsung dari tahun 756 hingga 1031. Penghargaan diberikan kepada Amir Abd al-Rahman, yang mendirikan Emirat Cordoba, dan mampu mengajak berbagai kelompok Muslim yang telah menaklukkan Spanyol untuk bersatu dalam memerintahnya.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

 

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

وَمَنْ أَظْلَمُ مِمَّن ذُكِّرَ بِآيَاتِ رَبِّهِ فَأَعْرَضَ عَنْهَا وَنَسِيَ مَا قَدَّمَتْ يَدَاهُ ۚ إِنَّا جَعَلْنَا عَلَىٰ قُلُوبِهِمْ أَكِنَّةً أَن يَفْقَهُوهُ وَفِي آذَانِهِمْ وَقْرًا ۖ وَإِن تَدْعُهُمْ إِلَى الْهُدَىٰ فَلَن يَهْتَدُوا إِذًا أَبَدًا الكهف [57] Listen
And who is more unjust than one who is reminded of the verses of his Lord but turns away from them and forgets what his hands have put forth? Indeed, We have placed over their hearts coverings, lest they understand it, and in their ears deafness. And if you invite them to guidance - they will never be guided, then - ever. Al-Kahf ( The Cave ) [57] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi