Selasa, 30/04/2024 - 07:37 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

AMERIKAINTERNASIONAL

Washington Tinjau Praktik Spionase Cina yang Manfaatkan Turis

ADVERTISEMENTS

Bendera Cina-Amerika. Surat kabar the Wall Street Journal (WSJ) melaporkan dalam beberapa tahun terakhir hampir 100 kali warga Cina yang menyamar sebagai turis mengakses pangkalan militer AS.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

 WASHINGTON — Surat kabar Amerika Serikat (AS) the Wall Street Journal (WSJ) melaporkan dalam beberapa tahun terakhir hampir 100 kali warga Cina yang menyamar sebagai turis mengakses pangkalan militer dan lokasi sensitif AS. Harian itu mengutip pejabat AS yang menggambarkan kejadian tersebut sebagai ancaman spionase.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Pada Ahad (3/9/2023) WSJ melaporkan tahun lalu pejabat Departemen Pertahanan, Biro Investigasi Federal (FBI) dan lembaga pemerintah AS lain menggelar peninjauan untuk membatasi insiden yang melibatkan penerobosan ke pangkalan militer AS tanpa izin. WSJ menggambarkan penerobosan itu sebagai gatecrashers.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Kebakaran Klub Malam Istanbul Tewaskan Puluhan Orang
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Dalam laporannya WSJ mengatakan gatecrashers merupakan warga negara Cina yang ditemukan mencoba masuk ke lokasi-lokasi sensitif AS. Mulai dari mencoba masuk ke lokasi rudal di New Mexico sampai menyelam di perairan dekat peluncuran roket di Florida.

ADVERTISEMENTS

WSJ yang mengutip pejabat yang mengetahui insiden-insiden ini mengatakan praktik gatecrashers  terjadi di daerah terpencil yang tidak memiliki banyak destinasi wisata. Biasanya melibatkan warga Cina yang dipaksa bertugas dan diharuskan melaporkan kembali ke pemerintah Cina.  

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Media Israel: Netanyahu Stres, Takut Ditangkap ICC

 

Departemen Pertahanan dan Departemen Keamanan Dalam Negeri AS belum menanggapi permintaan komentar mengenai laporan WSJ. Laporan ini dipublikasikan saat Washington dan Beijing mengambil langkah-langkah tentatif untuk meredakan ketegangan yang meningkat setelah balon mata-mata Cina terbang di ruang udara AS sebelum ditembak jatuh pada bulan Februari lalu.

sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi