Selasa, 30/04/2024 - 03:27 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Presiden Korsel dan PM Cina Bahas Investasi IKN dengan Jokowi

ADVERTISEMENTS

Perdana Menteri Cina Li Qiang (kiri) dan Presiden Indonesia Joko Widodo melambai kepada wartawan saat mereka berjalan di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Indonesia, Jumat, 8 September 2023.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

 JAKARTA — Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengatakan Presiden Republik Korea Selatan (Korsel) Yoon Suk Yeol dan Perdana Menteri Cina Li Qiang antusias membahas investasi Ibu Kota Negara bersama Presiden Joko Widodo. Presiden Korsel dan PM Cina secara terpisah diterima Presiden Joko Widodo dalam pertemuan bilateral di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (8/9/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Kedua negara juga membahas IKN baik (Presiden) Korea Selatan maupun PM Cina. Mereka akan menurunkan tim lebih detail lagi. Jadi baik Korea Selatan maupun Cina mereka sangat berminat sekali,” ujar Bahlil usai mendampingi Presiden Widodo dalam dua pertemuan bilateral tersebut.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Asa Warga Gaza Merayakan Idul Fitri tanpa Perang
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Bahlil mengatakan dalam pertemuan itu, pembicaraan soal IKN tidak datang dari Presiden Joko Widodo, melainkan dilontarkan sendiri oleh Presiden Yoon maupun PM Li Qiang. “Jadi respons global, beberapa negara, terkait investasi di IKN positif dan saya optimistis banget,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS

Menurut Bahlil, Korsel dan Cina membidik investasi di beberapa bidang di IKN dan akan dijelaskan Kepala Otorita IKN dalam kesempatan terpisah. Pada September ini Bahlil mengaku akan mengunjungi IKN dalam beberapa hari.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

 

Dia berharap Presiden juga bisa ikut serta guna melakukan ground breaking pembangunan hotel, rumah sakit dan fasilitas umum di IKN. “Sehingga target kita di 2024 Agustus itu bisa melakukan upacara 17 Agustus,” kata dia.

Berita Lainnya:
Kata Presiden Jokowi Soal Jalan di Gorontalo

Lebih jauh Bahlil mengatakan dalam pertemuan dengan Presiden Korea Selatan, Presiden Jokowi menyampaikan percepatan pembangunan baterai kendaraan listrik, sementara Presiden Yoon meminta ada perhatian tentang impor bahan baku dan sejumlah barang yang menjadi kendala.

“Tadi arahan Presiden jelas untuk kita melakukan percepatan dan menyelesaikan,” tuturnya.

Sedangkan dalam pertemuan dengan PM Cina Li Qiang, Presiden membahas beberapa kerja sama di antaranya pengiriman komoditas Indonesia ke Cina seperti sarang burung walet, perikanan, buah-buahan serta membicarakan realisasi investasi di berbagai tempat. Presiden dan PM Li Qiang bersepakat hal itu ditindaklanjuti di level teknis.

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi