Rabu, 01/05/2024 - 22:59 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Asa Warga Gaza Merayakan Idul Fitri tanpa Perang

ADVERTISEMENTS

Wanita Palestina mencuci pakaian dengan air laut di pantai Deir al Balah, Jalur Gaza, Kamis, 2 November 2023. Menteri Urusan Perempuan Palestina, Mona Al-Khalili, mengungkapkan bahwa pasukan pendudukan Israel sengaja menargetkan perempuan dan anak-anak di Gaza dan Tepi Barat.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

GAZA — Pasukan Israel terlihat mundur dari pusat Kota Khan Younis yang dibombardir selama beberapa bulan terakhir. Warga Gaza berharap, hal ini menandakan perang yang sudah berlangsung hampir tujuh bulan akan berakhir.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Tampaknya mungkin akan menjadi Idul Fitri yang membahagiakan,” kata salah satu warga Gaza  Imad Joudat yang tinggal bersama delapan anggota keluarganya di sebuah tenda di Kota Rafah, Ahad (7/4/2024). “Penjajah menarik pasukan dari Khan Younis, Amerika menekan setelah beberapa warga asing tewas dan Mesir menggelar perundingan besar dengan Amerika, Israel, Hamas dan Qatar, kali ini kami berharap,” tambahnya.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Pengadilan Pakistan Menangguhkan Hukuman Imran Khan dan Istri
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Rafah terletak di perbatasan dengan Mesir. Kini kota menampung lebih dari setengah 2,3 juta populasi Gaza yang mengungsi dari daerah lain.

ADVERTISEMENTS

Serangan ke Gaza yang sudah berlangsung enam bulan menekan militer dan ekonomi Israel. Banyak pakar keamanan Israel yang mengatakan kini mereka melihat ancaman lebih besar dari Hizbullah di Lebanon dibanding Hamas yang menggelar serangan mendadak pada 7 Oktober 2023.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Israel juga semakin siaga dengan kemungkinan serangan balasan Iran sebagai reaksi atas kematian jenderalnya yang tewas dalam serangan udara Israel ke kantor konsulat Iran di Suriah pekan lalu. Amerika Serikat (AS) juga semakin menekan Israel untuk memperbaiki situasi kemanusiaan di Gaza dan berusaha menuju gencatan senjata.

Presiden AS Joe Biden mengatakan AS dapat mensyaratkan dukungannya berdasarkan dua hal itu. Pernyataan tersebut menjadi peringatan paling keras Biden untuk mempengaruhi perilaku militer Israel. AS merupakan pemasok senjata terbesar untuk Israel.

Berita Lainnya:
PBB: 70 Persen Penduduk Gaza Adalah Kaum Muda, Semuanya Alami Trauma

Menjelang perundingan terbaru di Kairo, Biden juga mendesak Mesir dan Qatar mendorong Hamas untuk menyepakati gencatan senjata dan pembebasan sandera. Di awal rapat kabinet mingguannya, Netanyahu mengatakan setiap kesepakatan harus mencakup pembebasan sisa sandera Israel yang masih ditawan Hamas.

Ia menuduh permintaan Hamas sebagai rintangan untuk itu. “Menyerah pada tuntutan Hamas akan memungkinkan mereka untuk mengulangi kejahatan pada 7 Oktober lagi dan lagi, seperti yang telah mereka janjikan,” katanya. Lebih dari 130 sandera masih ditawan di Gaza, dan Israel mengatakan mereka tidak akan menghentikan serangannya sampai semua tawanan dikembalikan. 

sumber : Reuters

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi