Selasa, 30/04/2024 - 01:49 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Apindo: Digitalisasi Kunci Dukung Pemberdayaan Ekonomi Perempuan ASEAN

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta W Kamdani mengatakan digitalisasi merupakan kunci untuk mendukung pemberdayaan ekonomi perempuan. Lantaran selama ini perempuan, baik di Indonesia maupun di ASEAN, masih mengalami kendala untuk mendapatkan akses pembiayaan yang setara.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“Tadi kita bicara soal digitalisasi, ini penting sekarang untuk mempermudah pemberdayaan perempuan. Jadi digitalisasi ini kunci,” kata Shinta dalam diskusi panel di ASEAN Woman CEO Forum di Jakarta, belum lama ini.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Namun, Shinta mengingatkan, akses digital di setiap negara tidaklah sama sehingga hal itu perlu menjadi perhatian khusus untuk mendukung pemberdayaan ekonomi perempuan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
ASDP Catat 65 Persen Orang Kembali ke Jawa dari Sumatra
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Shinta mengemukakan, saat ini perempuan masih banyak mengalami kendala akses finansial dalam mendukung usahanya, terutama perempuan pelaku UMKM. “Kalau kita lihat sekarang masih banyak sekali perempuan di Indonesia yang tidak dapat kesempatan untuk mendapatkan pendanaan formal, apalagi kebanyakan di kita UMKM ini sektor informal,” kata dia.

ADVERTISEMENTS

Shinta menuturkan saat perempuan ingin mengajukan pinjaman ke perbankan, mereka umumnya terkendala karena tidak memiliki agunan karena semua aset merupakan milik suami. Di sisi lain, perempuan yang bekerja, utamanya di sektor UMKM, sulit teridentifikasi dan tidak terlihat seperti perempuan yang punya bisnis sendiri.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Konflik Israel-Iran Diprediksi Masih Picu Berlanjutnya Kenaikan Harga Minyak

“Perlu lebih banyak transparansi inklusivitas soal bagaimana perempuan yang memulai usahanya sendiri ini bisa mendapat lebih banyak dukungan,” kata dia.

Akan tetapi, menurut Shinta, akses finansial hanya satu dari banyak hal yang jadi kendala pemberdayaan ekonomi perempuan. Aspek lain seperti pendampingan dan literasi keuangan pun perlu menjadi perhatian.

“Bagaimana dia bisa mendapatkan kapasitas yang memadai seperti literasi keuangan seperti edukasi soal finansial dan pendidikan untuk keuangan kaum perempuan,” kata CEO Sintesa Group itu.

 

 

 

sumber : ANTARA

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi