Kamis, 02/05/2024 - 12:19 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMISYARIAH

Transformasi Bank Abu Dhabi Tunjukkan Kompatibilitas Perbankan Syariah dan ESG

ADVERTISEMENTS

ABU DHABI — Abu Dhabi Islamic Bank (ADIB) berkomitmen turut berpartisipasi menjadi agen transformasi dalam penerapan Enviromental, Social & Governance (ESG). Ambisi ADIB untuk mendorong pendekatan yang lebih holistik terhadap ESG dan keberlanjutan tidak hanya mencakup operasi internalnya.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Saat ini, ADIB fokus pada peningkatan signifikan pembiayaan ramah lingkungan dan berkelanjutan dalam portofolionya. Bahkan, jumlah aset terkait sudah mencatatkan sekitar 1,7 miliar dolar AS, ADIB memperkirakan pertumbuhan substansial di bidang ini pada tahun 2030. Tak main-main, 61 persen portofolio bank tersebut dianggap memiliki risiko ESG rendah/menengah, yang menunjukkan pendekatan proaktif terhadap investasi berkelanjutan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Melalui kerja keras dalam beberapa bulan terakhir, ADIB bahkan telah berhasil menurunkan peringkat risiko sustainalytics dari risiko tinggi menjadi risiko menengah serta menyelaraskan diri dengan bank-bank terkemuka di kawasan Timur Tengah,” seperti dikutip dari Gulf News, Selasa (12/9/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Perusahaan ini juga terus menerima peringkat “A” dari Morgan Stanley Capital International (MSCI), yang merupakan bukti dedikasi ADIB terhadap keberlanjutan. Diketahui, indeks ini banyak digunakan sebagai acuan manajer investasi dunia sebagai dasar pemilihan aset.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Indonesia Tawarkan Proyek Irigasi Hingga PLTA dalam World Water Forum

Dalam lanskap ESG yang berkembang pesat, ADIB juga berupaya menjadi lembaga keuangan yang tidak hanya merangkul keberlanjutan namun juga secara aktif memimpin upaya menuju masa depan yang lebih ramah lingkungan dan lebih adil. Dengan strategi yang kuat, kebijakan yang komprehensif, dan pendekatan yang berpusat pada nasabah, ADIB menunjukkan bahwa perbankan syariah dan ESG dapat berjalan beriringan.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Laporan ESG tahunan ADIB, yang diterbitkan sejak tahun 2017, merupakan bukti dedikasi bank dalam memberikan informasi kepada pemangku kepentingan mengenai praktik berkelanjutannya. ADIB menyadari bahwa keterbukaan informasi kepada publik saja tidak cukup; inisiatif tambahan diambil untuk mengembangkan kebijakan baru yang mencerminkan komitmen terhadap prinsip-prinsip ESG.

Dalam tiga tahun terakhir, komitmen keberlanjutan ADIB juga tampak dalam strategi ESG. Strategi ini secara rinci menguraikan peran semua lini bisnis dalam berkontribusi terhadap dampak positif ESG dan selaras dengan tujuan nasional UEA dan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG) PBB. Dengan mengintegrasikan tujuan dan standar yang diakui secara internasional seperti SDGs PBB dan Inisiatif Pelaporan Global (GRI) ke dalam sistem manajemen yang ada, bank ini memungkinkan peningkatan kinerja perbankan syariah dan ESG.

Berita Lainnya:
Politikus PKB Nilai Warung Madura telah Beri Kontribusi Positif

Untuk lebih menanamkan prinsip-prinsip ESG, bank berupaya untuk mengintegrasikan pertimbangan ESG ke dalam proses kreditnya. Uji tuntas internal yang ketat akan memastikan bahwa semua transaksi yang relevan mematuhi standar yang diakui secara internasional, seperti prinsip ekuator.

Bank menyadari bahwa perubahan positif dimulai dari pelanggan yang diberdayakan, upaya bersama dilakukan untuk mengembangkan produk ramah lingkungan dan berkelanjutan untuk membantu klien berkontribusi dalam mengembangkan industri masing-masing. Penawaran produk yang ada, seperti pembiayaan UKM, pembiayaan pendidikan, dan pembiayaan rumah pribadi juga dirancang untuk menekankan dampak sosial yang positif, yang menunjukkan komitmen bank untuk menjadikan keberlanjutan dapat diakses oleh semua orang.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi