Senin, 17/06/2024 - 22:11 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Penentuan Stadium Kanker Limfoma Melihat Besaran Tumor

Penentuan kanker limfoma berbeda dengan jenis kanker lain, bergantung pada besaran tumor.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA — Pakar penyakit dalam di Divisi Hematologi Onkologi Medik Departemen Penyakit Dalam RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo Dr dr Andhika Rahman, SpPD-KHOM menuturkan penentuan stadium pada limfoma berbeda dengan kanker lain yang salah satunya melihat besaran tumor. “Stadium pada limfoma itu berbeda dengan tumor padat. Kalau stadium tumor padat itu melihat berdasarkan besaran tumor, berapa kelenjar yang terkena, kemudian metastasis (sel kanker menyebar) organ atau tidak,” tutur dia di Jakarta, Jumat (15/9/2023).

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Limfoma merupakan kanker pada sistem kelenjar getah bening dan terbagi menjadi dua yakni limfoma Hodgkin serta limfoma non-Hodgkin. Andhika menuturkan, pada jenis kanker ini, penentuan stadium berdasarkan letaknya dengan batas diafragma atau struktur otot berbentuk cincin atau kubah yang terletak di dekat bagian bawah tulang rusuk atau di bawah dada.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Batu Ginjal Mengintai Penderita Obesitas, Hati-Hati Jika Anda Salah Satunya

“Kalau satu (organ) saja di atas diafragma itu stadium satu. Dua di atas yakni kiri dan kanan stadium dua. Menyeberang diafragma itu tiga, ada di tempat lain di luar kelenjar kadang di tulang, kulit, itu masuk stadium empat,” jelas Andhika yang menjadi pengurus Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) cabang DKI Jaya.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Gejala limfoma umumnya mirip seperti kanker pada umumnya, antara lain kadang-kadang demam tinggi tapi kebanyakan suhunya di atas 37,2 – 38 derajat Celcius dan terjadi pada sore hari. Selain itu, pasien juga bisa berkeringat di malam hari yang terkadang disalahartikan sebagai infeksi TB, penurunan berat badan yang signifikan, mengalami gatal-gatal, lemas sekali atau kelelahan dan intoleransi terhadap alkohol.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Mengenal Cholelithiasis: Penyebab, Gejala, dan Penanganan Batu Empedu

Berdasarkan data Globocan (the Global Cancer Observatory) 2020, terdapat sekitar 16.000 kasus limfoma non Hodgkin baru di Indonesia, di mana hampir 10 ribu kasus meninggal dunia. Sementara untuk limfoma Hodgkin, terdapat 1.188 kasus baru pada tahun 2020, menempati posisi 28 dengan kasus terbanyak. Angka kematian akibat limfoma hodgkin mengalami penurunan, dari 574 pada 2018 menjadi 363 kematian pada 2020.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

sumber : Antara

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

ADVERTISEMENTS

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

وَإِذْ قُلْنَا لِلْمَلَائِكَةِ اسْجُدُوا لِآدَمَ فَسَجَدُوا إِلَّا إِبْلِيسَ كَانَ مِنَ الْجِنِّ فَفَسَقَ عَنْ أَمْرِ رَبِّهِ ۗ أَفَتَتَّخِذُونَهُ وَذُرِّيَّتَهُ أَوْلِيَاءَ مِن دُونِي وَهُمْ لَكُمْ عَدُوٌّ ۚ بِئْسَ لِلظَّالِمِينَ بَدَلًا الكهف [50] Listen
And [mention] when We said to the angels, "Prostrate to Adam," and they prostrated, except for Iblees. He was of the jinn and departed from the command of his Lord. Then will you take him and his descendants as allies other than Me while they are enemies to you? Wretched it is for the wrongdoers as an exchange. Al-Kahf ( The Cave ) [50] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi