Selasa, 30/04/2024 - 09:43 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Museum Nasional Ditutup Hingga Investigasi Insiden Kebakaran Selesai

ADVERTISEMENTS

Anggota Laboratorium Forensik Polda Metro Jaya menyisir area lokasi kebakaran Museum Nasional di Jakarta, Ahad (17/9/2023). Museum Nasional atau Museum Gajah terbakar pada Sabtu (16/9) sekitar pukul 20.08 WIB kemaren. Menurut data dari Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Pusat, kebakaran yang terjadi di Museum Nasional diduga akibat korsleting arus listrik di bedeng proyek renovasi museum dan mengakibatkan enam ruangan terbakar yakni di Gedung A. Pantauan Republika, sejumlah petugas dari Anggota Laboratorium Forensik, INAFIS dari jajaran Polda Metro jaya mulai melakukan pengecekan di area lokasi kebakaran. Sementara menurut Pelaksana Tugas Kepala Museum dan Cagar Budaya Kemendikbudristek memastikan semua koleksi hasil repatriasi dari Belanda dapat diselamatkan saat kebakaran melanda.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

JAKARTA–Pelaksana Tugas Kepala Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya (BLU MCB) Ahmad Mahendra mengaku belum bisa menentukan sampai kapan Museum Nasional Indonesia (MNI) akan ditutup. Fasilitas tersebut dikatakannya baru bisa dibuka setelah investigasi dan penanganan dampak insiden kebakaran selesai.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
Berita Lainnya:
Geopolitik Memanas dan Suku Bunga Acuan BI Naik, BRI Yogya: Kita Masih Harus Tumbuh
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Saya tidak bisa spekulasi (waktu museum dibuka) dulu. Puslabfor (Pusat Laboratorium Forensik) sedang bekerja, kita enggak bisa spekulasi. Jadi kita tunggu saja hasil penyelidikan dari Puslabfor,” tutur Pelaksana Tugas Kepala Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya (BLU MCB) Ahmad Mahendra saat konferensi pers di MNI, Ahad (17/9/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Menurutnya, keamanan barang koleksi museum nasional menjadi prioritas saat ini. Sehingga waktu buka museum akan dilakukan hingga penanganan insiden ini selesai.

ADVERTISEMENTS

“Saya pikir kita menunggu juga karena kalau belum selesai kita kan juga enggak berani untuk membuka karena pengamanan koleksi juga lebih penting, jadi yang utama. Nanti kita melakukan yang terbaik, kita akan terus meng-update situasinya untuk teman-teman setiap hari akan diupdate,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Ini Alasan Kenapa Profesi Lulusan Ilmu Komunikasi Dianggap Kece

Dia juga menjelaskan ada 6 dari 21 ruangan di gedung A Museum Nasional Indonesia yang terbakar dalam insiden kebakaran Sabtu (16/9/2023). Pihaknya baru akan menghitung kerugian akibat kebakaran tersebut setelah investigasi dari Puslabfor selesai.

“Belum bisa menghitung jumlah kerugian karena masih mempersiapkan identifikasi dan lain sebagainnya. Akan ditindaklanjuti setelah mendapat izin dari Puslabfor masuk bersama-sama,” ujarnya.

Menurutnya, hingga kini belum terhitung dan tergambar pasti kerugian akibat kebakaran ini. Hal ini karena pihak museum masih menunggu olah TKP dari Puslabfor.

“Kita belum bisa masuk soalnya, jadi itu sedang menunggu Puslabfor izin dari dia. Jadi kita juga nggak bisa memastikan mana yang masih utuh dan sebagainya. Karena yang replika pun belum tentu juga rusak kan. Nah ini sedang kita tunggu,” katanya.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi