Selasa, 07/05/2024 - 11:29 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Jangan Cuek Saat Sakit Gigi dan Gusi, Bisa Picu Diabetes

ADVERTISEMENTS

Bukan hanya masalah jantung, penyakit gigi dan gusi juga mempengaruhi kesehatan tubuh lainnya termasuk diabetes melitus. (ilustrasi)

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA—Bukan hanya masalah jantung, penyakit gigi dan gusi juga mempengaruhi kesehatan tubuh lainnya termasuk diabetes melitus. Penyakit periodontal juga dapat mengganggu kadar gula darah dan membuat diabetes lebih sulit dikendalikan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Hal ini diungkapkan oleh Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi Dental Specialist Clinic RS Pondok Indah – Pondok Indah dan RS Pondok Indah – Puri Indah, Dr drg Rina Permatasari, SpKG.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Untuk diabetes memang ada penelitian yang menyatakan bahwa ada kaitan antara infeksi jaringan periodontal terhadap penyakit diabetes mellitus di mana jaringan periodontal dapat menggangu kadar gula darah,” ujarnya dalam ajang jumpa media, Rabu (20/9/2023).

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Mengenal Abdominal Aortic Aneurysm, Penyakit yang Merenggut Nyawa Albert Einstein

Namun, lanjutnya, penelitian masih berjalan terus. Risiko diabetes mellitus pada seseorang yang mengalami infeksi pada jaringan periodontal gigi dan mulut memang meningkat. “Dengan adanya infeksi pada jaringan gigi dan periodontal, diabetes yang tadinya masih bisa ditolerir jadi muncul,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Ia mengakui memang ada pasien punya riwayat diabetes, lalu mereka datang ke dokter gigi, diperiksa ada infeksi pada gigi dan gusi. Jika sudah seperti itu, ia menyarankan segera ditangani. “Masyarakat harus lebih aware menjadi kesehatan gigi, kontrol, cek, apalagi kalau punya riwayat seperti penyakit jantung, diabetes, ginjal dan lainnya. Jangan diacuhkan, kondisi umum dirawat, gigi dan gusinya juga penting dirawat,” sarannya.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
Berita Lainnya:
Jus Buah Dianggap Minuman tak Sehat oleh Ahli Kesehatan, Mengapa?

Ia mengatakan jika memang ditemukan ada infeksi jaringan periodontal itu bisa dicurigai menjadi penyebab gula darah tiba-tiba tinggi. Namun faktornya bukan itu saja, ada faktor yang menyebabkan secara umum, misalnya memang pankreas ada masalah, atau memang gaya hidupnya sehari-hari. 

“Ketika ditemukan di mulutnya ada infeksi gigi dan jaringan periodontal maka itu harus dirawat. Namun belum ada penelitian yang menyebutkan bakteri gigi penyebabnya tapi bisa saja menyebabkan,” ujarnya.

Jika ada infeksi gigi dan jaringan periodontal, lanjutnya, segera dirawat dan diharapkan bisa membantu penyakit diabetes mellitus. Di samping itu, penyakit diabetes mellitusnya juga harus diobati. 

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi