Rabu, 22/05/2024 - 05:12 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

Plh Kadisdik Aceh: Kurikulum Pendidikan Aceh Sangat Islami

HARIANACEH.co.id|Banda Aceh – Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Aceh, Asbaruddin, memastikan kurikulum pendidikan di Aceh sangat Islami. Semua ini tertuang dalam Peraturan Gubernur Aceh Nomor 7 Tahun 2022 tentang Kurikulum Muatan Lokal.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

“Jadi kalau dikatakan bahwa pendidikan di Aceh itu tidak islami, sudah terbantahkan. Di SMK, terdapat 17 jam pelajaran agama Islam. Itu melebihi (sekolah-sekolah di bawah pengelolaan) Kemenag,” kata Asbaruddin dalam sambutannya pada penutupan seleksi GTK Berprestasi Rabu, 27 September 2023 malam.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Saat ini, kata Asbaruddin, di sekolah umum, seperti SMA dan SMK, terdapat tiga jam belajar intrakulikuler, yakni pendidikan agama Islam dan budi pekerti. Ditambah dua jam belajar muatan lokal.

Berita Lainnya:
Pj Gubernur Tinjau Pembangunan Bendungan Rukoh Pidie

Pelajar Aceh juga mendapatkan pendidikan tentang Islam juga selama delapan jam di bulan Ramadan. Total pelajaran tentang Islam yang diterima pelajar Aceh saat ini mencapai 11 jam.

Asbaruddin mengatakan hal ini dirancang dan dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Aceh untuk memastikan tidak ada satupun anak Aceh yang tidak bisa membaca Alquran. Insya Allah, kata Asbaruddin, setelah pelajar lulus dari tingkat SMA, mereka mendapatkan sertifikat kompetensi tambahan.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Para pelajar juga mendapatkan khasanah pengetahuan tentang budaya Aceh lewat kurikulum muatan lokal. Asbaruddin yakin, sesuai dengan pergub tersebut, keinginan untuk mewujudkan kapasitas masyarakat yang beriman, beramal saleh, berilmu pengetahuan dan menguasai teknologi, yang relevan dengan keistimewaan dan kekhususan Aceh dalam bingkai syariat Islam dapat terwujud.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Mellani Dukung Marching Band Gita Handayani Terus Berkarya

Namun, kata Asbaruddin, Dinas Pendidikan Aceh terus mengevaluasi pelaksanaan aturan-aturan ini. Termasuk menimbang tentang porsi kurikulum yang ada, kurang, cukup atau terlalu berat. []

Artikel Plh Kadisdik Aceh: Kurikulum Pendidikan Aceh Sangat Islami pertama kali tampil pada HARIANACEH.co.id.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi