Rabu, 01/05/2024 - 14:55 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Jokowi Resmikan Whoosh Besok, Segini Harga Tiketnya

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) pada Senin (2/10/2023) pagi. Peresmian kereta cepat ini dilakukan setelah Kementerian Perhubungan menerbitkan izin operasi sarana perkeretaapian umum untuk KCJB.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“Iya, iya besok. Besok pagi ketemu lah di (Stasiun KCJB) Halim,” kata Jokowi usai menghadiri pagelaran Istana Berkebaya di depan Istana Merdeka, Ahad (1/10/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Untuk diketahui, Kereta Cepat Jakarta-Bandung itu diberi nama Whoosh. Usai diresmikan, kereta cepat akan langsung beroperasi untuk umum.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Kereta cepat sedang testing dan trial. Rencananya akan diresmikan Pak Jokowi pada 2 Oktober 2023,” kata Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo usai membuka KAI Expo 2023 di JCC, Jakarta, Jumat (29/9).

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
World Water Forum, Luhut: Persiapannya Sudah Final

Namun, harga tiket kereta tersebut belum diumumkan. Diperkirakan harga tiket dibandrol di kisaran Rp 250 ribu hingga Rp 300 ribu.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Sementara itu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menerbitkan izin operasi sarana perkeretaapian umum untuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). Izin operasi tersebut dikeluarkan melalui Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 114 Tahun 2023 tentang Izin Operasi Sarana Perkeretaapian Umum PT Kereta Api Cepat Indonesia-China (KCIC).

Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan dengan keluarnya izin operasi tersebut, KCJB telah memenuhi aspek kelaikan operasional kereta cepat.

Alhamdulillah, seluruh komponen pengujian dan sertifikasi telah dilaksanakan sehingga surat izin operasi ini dapat diterbitkan dan operasi komersial KCJB dapat segera dilakukan,” ucap Menhub melalui keterangan yang diterima di Jakarta, Ahad (1/10/2023).

Berita Lainnya:
Puncak Arus Mudik, 848 Ribu Orang Tinggalkan Jakarta Naik Kereta

Menhub menjelaskan operasional KCJB akan dilakukan secara bertahap untuk terus dilakukan evaluasi sampai dengan skenario ultimate hingga 68 perjalanan per hari. Selain itu, untuk mempermudah penumpang untuk mencapai Kota Bandung, telah disiapkan juga KA feeder dari Stasiun Padalarang menuju Stasiun Bandung.

“Operasional secara bertahap ini dilakukan untuk memberi ruang kepada operator agar dapat menyesuaikan diri dan memaksimalkan pelayanan,” ujarnya.

Lebih lanjut, kata Menhub, akan diterapkan tarif promo pada awal operasional KCJB untuk menarik minat masyarakat. Ia pun mengharapkan setelah dikeluarkannya izin operasi tersebut, pihak KCIC selaku operator dapat menyiapkan operasi komersial yang akan segera diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi