Sabtu, 04/05/2024 - 08:23 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Tokoh Pro-Rusia Memenangkan Pemilu Slovakia

ADVERTISEMENTS

Mantan Perdana Menteri Slowakia Robert Fico.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

 BRATISLAVA — Mantan Perdana Menteri Slovakia Robert Fico yang beraliran kiri memenangkan pemilihan parlemen setelah berkampanye untuk mengakhiri bantuan militer ke Ukraina. Dengan 98 persen suara terkumpul menunjukan partai SMER-SSD yang dipimpin Fico memimpin dengan 23,37 persen suara pada Sabtu (30/9/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Partai liberal Progressive Slovakia (PS) berada di posisi kedua dengan 16,86 persen, dan partai HLAS (Voice) yang dapat menjadi penentu pembentukan pemerintahan berikutnya berada di urutan ketiga dengan 15,03 persen. Mantan rekan Fico dan pemimpin sayap kiri HLAS Peter Pellegrini tetap membuka pilihannya mengenai koalisi di masa depan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Pemerintahan yang dipimpin oleh Fico dan partai SMER-SSD yang dipimpinnya akan melihat negara anggota NATO ini bergabung dengan Hungaria dalam menantang konsensus Uni Eropa mengenai dukungan terhadap Ukraina. Hal ini juga akan menandakan adanya pergeseran lebih lanjut di kawasan ini terhadap liberalisme politik yang mungkin akan diperkuat jika kelompok konservatif PiS memenangkan pemilu di Polandia pada akhir bulan ini.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Dugaan Rocky Gerung Alasan Prabowo Tak Lepas Jabatan Menhan Meski Jadi Presiden Terpilih

Partai Fico lebih nasionalis dan konservatif secara sosial, mengkritik liberalisme sosial, yang menurut mereka diterapkan di Brussel. PS liberal dalam hal kebijakan ramah lingkungan, hak-hak LGBT, integrasi Eropa yang lebih mendalam, dan hak asasi manusia.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Pandangan Fico mencerminkan sentimen tradisional yang hangat terhadap Rusia di antara banyak orang Slovakia, yang telah mengumpulkan kekuatan di media sosial sejak perang Ukraina dimulai. Dia juga berjanji untuk mengakhiri pasokan militer ke Ukraina dan mengupayakan perundingan perdamaian

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Iran Kecam Sikap ‘Standar Ganda’ Negara Barat Pejuang HAM

“Kami memang ingin mengevaluasi semuanya, jadi kami akan menunggu penghitungan akhir,” kata kandidat SMER-SSD dan sekutu lama Fico, Robert Kalinak.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Exit poll memang menguntungkan PS, hanya saja hasilnya berpihak pada Fico. Perolehan itu membuka peluang bahwa dia akan kembali menjabat sebagai perdana menteri untuk keempat kalinya setelah memimpin pemerintahan pada 2006-2010 dan 2012-2018.

Fico mungkin bersekutu dengan HLAS yang memisahkan diri dari SMER-SSD pada 2020. Mereka akan bersekutu dengan  Slovak National Party yang nasionalis yang memenangkan 5,68 persen.

Pembagian kursi menegaskan HLAS….

 

sumber : Reuters

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi