Jumat, 24/05/2024 - 13:44 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

Penguatan Literasi Pemilu Damai, Kesbangpol Aceh Sorot Bijak Pakai Medsos

HARIANACEH.co.id|Pidie Jaya – Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Aceh Dedy Yuswadi, AP dalam hal ini sampaikan melalui Kepala Bidang Penanganan Konflik Dan Kewaspadaan Nasional Dedy Andrian, SE, MM mengatakan, ada 3 Langkah dalam upaya penanganan konflik yang harus ditempuh, yakni Pencegahan, Penghentian dan Pemulihan Paska Konflik.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Hal itu disampaikan Dedy Andrian dihadapan 50 peserta dari unsur Guru SLTA, SKPK, FKDM, FKUB, FPK, Ormas/LSM, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Perempuan, Tokoh Pemuda, Mahasiswa dan Jurnalis pada Kegiatan Edukasi Literasi Damai Angkatan II Tahun 2023 bertema Penguatan Literasi Dalam Mewujudkan Kondisi Damai Menjelang Pemilu 2024 yang digelar Kesbangpol Aceh di Aula Setdakab, Kantor Bupati Pidie Jaya, Selasa (4/10/2023).

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Menurut Dedy, di tengah perkembangan arus teknologi informasi menuntut masyarakat dan sekitarnya untuk mampu menyaring isu-isu yang disebarluaskan termasuk yang bernuansa hoaxs.

Berita Lainnya:
Polda Aceh Sukses Amankan Aksi Hari Buruh Internasional 2024

“Maka dari itu, Penguatan Literasi Kepada Masyarakat Perlu ditingkatkan, apalagi menjelang tahun pemilu 2024,” ujar Dedy.

Dijelaskannya era serba internet saat ini, arus informasi begitu kencang dan cepat. Dalam hitungan detik, setiap orang dapat mengetahui peristiwa apapun di belahan dunia manapun yang cuma hanya bermodalkan smartphone.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Hal senada juga disampaikan Drs. A. Jalil, M. Pd, Kepala Badan Kesbangpol Pidie Jaya, saat membuka acara. A Jalil menyampaikan pertumbuhan informasi akibat penggunaan alat bantu teknologi informasi dan komunikasi menyebabkan jumlah informasi bertambah semakin cepat.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Informasi tidak akan dapat diperlambat pertumbuhannya, sehingga arus informasi harus dijalankan dengan cara meningkatkan keterampilan literasi informasi pada masyarakat,” ujarnya.

Berita Lainnya:
Reza-Zuhri Resmi Mendaftar Calon Ketua dan Sekretaris AJI Banda Aceh

Namun–katanya– masyarakat juga harus memahami betapa pentingnya literasi media agar tidak termakan kabar hoaks. Terlebih, masyarakat memang menjadi sasaran media sosial untuk menyebarluaskan kabar berita.

ADVERTISEMENTS

“Media sosial harus dijadikan sebagai salah satu sarana dalam menyebarkan pesan-pesan damai agar stabilitas kehidupan bermasyarakat dapat terjaga dengan baik,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS

Tampil sebagai narasumber acara tersebut Akademisi Jabal Ghafur, Widyaiswara Drs. Abd. Rahman, SE. MM, Kepala Kesbangpol Pidie Jaya Drs. A. Jalil. M.Pd, dan Akademisi UIN Ar-Raniry Banda Aceh Dr. Sehat Ihsan Shadiqin, M. Ag (Akademisi UIN Ar-Raniry Banda Aceh), Serta Pelaksana Kegiatan Nera Gustika, S.STP., MM selaku Sub Koordinator Penanganan Konflik Pada Badan Kesbangpol Aceh.[]

Artikel Penguatan Literasi Pemilu Damai, Kesbangpol Aceh Sorot Bijak Pakai Medsos pertama kali tampil pada HARIANACEH.co.id.

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi