Selasa, 18/06/2024 - 18:10 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIENERGI

Pertashop Terancam Bangkrut, Pakar Usul Izinkan Jual Pertalite

Ilustrasi Pertashop.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA — Pakar ekonomi energi dari Universitas Gadjah Mada, Fahmy Radhi menilai bisnis Pertashop kini tengah lesu dan perlu perhatian agar dapat kembali bergairah. Ia mengusulkan, salah satu cara yang bisa diambil dengan mengizinkan Pertashop menjual BBM Pertalite.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Seperti diketahui, selama ini Pertashop hanya diperbolehkan menjual Pertamax oleh Pertamina. Namun, belakangan, setelah kenaikan harga BBM, konsumen yang telah menggunakan Pertamax kembali pada Pertalite yang lebih murah dan berdampak pada turunnya pendapatan Pertashop. 

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Fahmy menuturkan, Pertashop yang notabene terdapat di zona-zona pinggiran daerah yang jauh dari SPBU memang kurang tepat bila hanya menjual produk nonsubsidi seperti Pertamax. 

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda
Berita Lainnya:
Keponakan Jokowi Jadi Manajer, Ini Respons Pertamina

“Konsumen Pertamax bukan di daerah (pinggiran) itu, jadi salah satu cara untuk selamatkan Pertashop, izinkan dia jual Pertalite agar konsumen kembali bertambah,” kata Fahmy kepada Republika.co.id, Rabu (11/10/2023). 

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Ia menilai, pemberian izin kepada Pertashop untuk menjual Pertalite yang merupakan bahan bakar bersubsidi tak akan menimbulkan masalah untuk saat ini. Pasalnya, hingga tahun depan Presiden Joko Widodo dipastikan tak akan melakukan perubahan kebijakan terhadap penyediaan Pertalite. Sebab tengah dalam situasi tahun politik. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Wacana seperti penghapusan Pertalite di tahun depan dan berganti menjadi Pertamax Green 92 diyakini Fahmy tak akan dilakukan. Sementara untuk lonjakan konsumsi juga diyakini tidak akan mengalami perubahan signifikan. Sebab, diizinkannya Pertashop menjual Pertalite hanya membuat migrasi konsumen dari SPBU menjadi ke Pertashop. Terutama bagi mereka yang berada jauh dari lokasi SPBU. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Genjot Produksi Migas Nasional, Pertamina Rogoh Kocek Hingga 30 Miliar Dolar AS

Hanya saja, Fahmy mengatakan, konsumsi Pertalite memang perlu dikontrol. Pasalnya, BBM yang seharusnya diperuntukkan bagi kalangan masyarakat bawah justru bebas diperjualbelikan. Pembatasan Pertalite seperti hanya boleh dibeli oleh kendaraan roda dua atau angkutan perkotaan dinilainya lebih memungkinkan dilakukan pemerintah. 

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

“Pembatasan Pertalite lebih rasional dilakukan daripada penghapusan sehingga orang yang memang tidak berhak beli Pertalite harus pindah ke BBM nonsubsidi,” katanya. 

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

قَالَ هَٰذَا فِرَاقُ بَيْنِي وَبَيْنِكَ ۚ سَأُنَبِّئُكَ بِتَأْوِيلِ مَا لَمْ تَسْتَطِع عَّلَيْهِ صَبْرًا الكهف [78] Listen
[Al-Khidh r] said, "This is parting between me and you. I will inform you of the interpretation of that about which you could not have patience. Al-Kahf ( The Cave ) [78] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi