Rabu, 01/05/2024 - 23:53 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

HIBURAN

Pameran ‘I Love U Gudbai’ Hadirkan Kartun Hiburan-Edukasi di Bali

ADVERTISEMENTS

DENPASAR — Sebanyak 12 kartunis menghadirkan deretan kartun yang menghibur dan mengedukasi lewat pameran kartun bertema ‘I Love U Gudbai’ di Gedung Dharma Negara Alaya, Kota Denpasar. Kegiatan ini digelar mulai Kamis (19/10/2023) hingga Jumat (27/10/2023).

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“Harapannya, dengan pameran ini bisa memotivasi para kartunis di Bali dan sekaligus menjadi hiburan yang edukatif bagi masyarakat,” kata Tommy Thomdean selaku ketua panitia pameran kartun tersebut di Denpasar, Kamis (19/10/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Pameran yang menghadirkan 70 karya kartun dibuka oleh Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Denpasar I Made Toya bersama anggota Dewan Perwakilan Daerah Made Mangku Pastika dan aktivis Ni Luh Djelantik. Dari 12 kartunis yang berpameran, sebanyak enam orang merupakan kartunis dari Jakarta yakni Beng Rahadian, Ika W Burhan, M Nasir, M Najib, M Syaifuddin dan Thomdean.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Film Animasi Terbaru Avatar Aang: The Last Airbender Soroti Kehidupan Aang Dewasa
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Sedangkan enam kartunis lainnya merupakan para kartunis dari Bali yaitu Agus Yudha, Gus Dark, GB Andika Wicaksana, I Wayan Nuriarta, Pinky Sinanta dan Yere Agusto.

ADVERTISEMENTS

Tema pameran I Love U Gudbai, lanjut dia, bermakna sesuatu yang sifatnya sementara. “Semua orang akan mengalami, entah itu orang yang kita cintai, jabatan dan apapun itu. Kami ingin menunjukkan itu lewat karya dari masing-masing kartunis,” ucapnya

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Menurut Thomdean, selain menghibur, pameran ini juga mewakili kegelisahan para kartunis diantaranya terkait rencana perpindahan Ibu Kota Negara, Artificial Intelligence (kecerdasan buatan), dan berbagai isu lainnya.

Tak hanya menyajikan pameran kartun, juga akan dilaksanakan workshop mengenai karakter kartun, membuat komik, juga mengenai kecerdasan buatan yang akan berpengaruh terhadap para pekerja kreatif.

“Harapan kami bisa memberikan warna baru dan mengedukasi masyarakat sehingga pameran ini akan selalu dinantikan,” katanya.

Berita Lainnya:
Pernikahan Abby-Brittany Viral, Kembar Siam Pemilik 2 Kepala 1 Tubuh

Sementara itu, anggota Dewan Perwakilan Daerah Made Mangku Pastika mengatakan seorang kartunis itu selain sebagai seniman, mereka juga seorang kritikus yang mempunyai daya kritik yang tajam.

“Kartunis itu bisa mengkritik seseorang tetapi yang dikritik tidak marah. Kartunis itu bukan sekadar melukis, dan membuat yang indah. Tetapi mereka harus punya nalar dan rasio yang hebat. Mereka itu seniman yang cerdas,” ujar mantan Gubernur Bali.

Jadi dia seniman tapi plus, karena dia peka terhadap situasi sosial. Karyanya pasti terus berubah sesuai dengan apa yang dilihat dan dirasakan. Saya selalu salut dengan kartunis,” katanya.

Ia mengurai tema itu sebagai filsafat yang….

 

 

 

 

sumber : antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi