Kamis, 30/05/2024 - 08:18 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

GADGETTEKNOLOGI

Mending Mana Apple iPhone 15 Pro Max atau Google Pixel 8 Pro? Cek 6 Hal Ini Dulu

 JAKARTA — Pada pertengahan September, Apple mengumumkan jajaran iPhone 15, yang terdiri dari empat perangkat, yaitu iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max. Pada urutan tertinggi, iPhone 15 Pro Max menonjol sebagai perangkat terbaik yang ditawarkan oleh Apple.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Tidak hanya memiliki ukuran yang lebih besar daripada iPhone 15 Pro, tetapi iPhone 15 Pro Max juga menawarkan beberapa fitur tambahan yang menarik. Sementara itu, Google Pixel 8 Pro menjadi salah satu perangkat terkemuka dari sisi Google. Meskipun ukuran layarnya sama dengan iPhone 15 Pro Max, ada perbedaan yang cukup signifikan di antara keduanya.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Jika Anda bingung memilih antara produk Apple atau Google, mari kita lihat perbandingan antara iPhone 15 Pro Max dan Pixel 8 Pro dilansir Pocket-Lint pada Sabtu (21/10/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

 

1. Harga, Ketersediaan, dan Spesifikasi

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Apple mengumumkan iPhone 15 Pro Max pada 12 September, dengan perilisan globalnya pada 22 September 2023. Harganya dimulai belasan hingga puluhan juta rupiah. Berbeda dengan Pixel 8 Pro diumumkan pada 4 Oktober, dan dirilis pada 12 Oktober 2023. Harganya sedikit lebih terjangkau dibandingkan iPhone 15 Pro Max, yaitu sekitar belasan juta rupiah sjaa.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Dalam hal pilihan warna, iPhone 15 Pro Max tersedia dalam warna Natural Titanium, Black Titanium, Blue Titanium, dan White Titanium. Pixel 8 Pro hadir dalam warna Obsidian, Porselen, dan Bay.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
ADVERTISEMENTS

2. Desain dan Tampilan

ADVERTISEMENTS

Apple iPhone 15 Pro Max dan Google Pixel 8 Pro memiliki desain yang berbeda, meskipun keduanya memiliki beberapa kesamaan. Pertama-tama, keduanya adalah perangkat premium yang dilengkapi dengan sertifikasi ketahanan air dan debu IP68, serta penggunaan port USB-C untuk pengisian daya, hal yang sebelumnya jarang ditemukan dalam produk Apple dan Google.

Kedua perangkat ini juga memiliki layar datar dan menggunakan lapisan kaca matte di bagian belakang, tetapi perbedaan-perbedaan lainnya cukup mencolok.

IPhone 15 Pro Max memiliki tepi datar dengan bingkai yang terbuat dari titanium, sesuai dengan lapisan matte pada bagian belakangnya. Selain itu, perangkat ini dilengkapi dengan Dynamic Island Apple di bagian atas layar datarnya, yang mengubah area yang biasanya diperuntukkan untuk kamera depan menjadi fitur yang lebih interaktif dan berguna. Di bagian belakang, terdapat tiga kamera yang ditempatkan di sudut kiri atas, sementara tombol baru berbentuk Tombol Aksi dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Sementara itu, Google Pixel 8 Pro memiliki bingkai yang lebih membulat, yang mungkin lebih nyaman digenggam bagi sebagian orang. Bingkai ini terbuat dari aluminium yang dipoles dan melingkupi seluruh bagian belakang Pixel 8 Pro. Tampilan depannya juga datar, dengan kamera yang ditempatkan secara terpusat di bagian atas. Pixel 8 Pro tidak memiliki fitur seperti Tombol Aksi atau Dynamic Island, tetapi menawarkan pemindai sidik jari di bawah layarnya, atau fitur yang tidak dimiliki oleh iPhone 15 Pro Max.

Dalam hal dimensi fisik, kedua perangkat ini memiliki perbedaan kecil. iPhone 15 Pro Max sedikit lebih pendek dan lebih lebar dibandingkan Pixel 8 Pro, yang lebih tinggi dan sedikit lebih ramping. Meskipun iPhone 15 Pro Max beralih dari baja tahan karat ke titanium, Pixel 8 Pro lebih ringan karena aluminium lebih ringan dibandingkan titanium. Ini mungkin berarti bahwa iPhone 15 Pro Max lebih tahan lama, tetapi ini harus diuji secara lebih mendalam.

Berita Lainnya:
Vivo V30e Meluncur dengan Harga Mulai dari Rp 4,6 Jutaan di Indonesia, Ini Spesifikasinya

 

3. Layar

IPhone 15 Pro Max dan Pixel 8 Pro keduanya menggunakan layar datar dengan ukuran 6,7 inci, sehingga ukurannya identik. Keduanya juga mendukung HDR dan memiliki rentang kecepatan refresh antara 1Hz dan 120Hz.

Kedua perangkat ini menggunakan panel OLED, meskipun Apple dan Google memberikan nama berbeda pada layar mereka. Layar iPhone 15 Pro Max disebut Super Retina XDR, sementara layar Pixel 8 Pro disebut Super Actua. Kedua perangkat ini juga memiliki opsi Tampilan Selalu Aktif (Always-On Display).

Ada perbedaan kecil dalam resolusi layar. IPhone 15 Pro Max memiliki resolusi 2796 x 1290 piksel, dengan kerapatan piksel sekitar 460ppi, sementara Pixel 8 Pro memiliki resolusi 2992 x 1344 piksel dengan kerapatan piksel sekitar 489ppi. Ini berarti bahwa Pixel 8 Pro memiliki resolusi yang lebih tinggi secara teoritis, meskipun perbedaannya mungkin tidak terlihat oleh mata manusia.

Kedua perangkat ini juga memiliki kecerahan yang tinggi, dengan iPhone 15 Pro Max memiliki kecerahan puncak sekitar 2000 nits, sedangkan Pixel 8 Pro mencapai 2400 nits. Keduanya memiliki kecerahan HDR 1600 nits, sehingga keduanya adalah layar yang sangat cerah. iPhone 15 Pro Max juga memiliki rasio kontras yang lebih tinggi dibandingkan Pixel 8 Pro.

Salah satu fitur menarik dari iPhone 15 Pro Max adalah Dynamic Island, yang dapat berinteraksi dengan berbagai tindakan yang Anda lakukan pada perangkat, seperti mendengarkan musik atau melakukan pembayaran menggunakan ID Apple. Fitur ini berguna untuk menyelesaikan sejumlah pekerjaan dan memanfaatkan ruang yang biasanya tidak digunakan.

 

4. Performa dan Perangkat Keras

Perbandingan kinerja antara iPhone 15 Pro Max dan Pixel 8 Pro agak sulit karena keduanya menggunakan chipset yang berbeda. iPhone 15 Pro Max ditenagai oleh chip A17 Pro Apple, sementara Pixel 8 Pro menggunakan Google Tensor G3. iPhone 15 Pro Max memiliki kinerja yang luar biasa.

Meskipun Apple tidak merinci secara spesifik, diperkirakan iPhone 15 Pro Max memiliki RAM sekitar 8GB, sedangkan Pixel 8 Pro dilengkapi dengan 12GB RAM. Opsi penyimpanan juga berbeda antara kedua perangkat ini. iPhone 15 Pro Max tersedia dalam kapasitas awal 256GB, dengan opsi 512GB dan 1TB. Pixel 8 Pro memiliki pilihan kapasitas 128GB, 256GB, dan 512GB, serta opsi 1TB di Amerika Serikat.

Kapasitas baterai juga agak sulit dibandingkan, karena Apple dan Google memberikan angka yang berbeda. Keduanya mengklaim bahwa perangkat mereka dapat bertahan sekitar 24 jam. Pengalaman dengan iPhone 15 Pro Max menunjukkan bahwa perangkat ini mampu bertahan sepanjang hari dengan pengisian ulang satu kali dalam 24 jam. Baik Pixel 8 Pro maupun iPhone 15 Pro Max mendukung pengisian cepat hingga sekitar 30W, tetapi Pixel 8 Pro juga memiliki fitur pengisian daya nirkabel terbalik yang tidak dimiliki oleh iPhone 15 Pro Max.

 

5. Kamera

Kini kita sampai pada bagian yang penting, yaitu kamera. iPhone 15 Pro Max memiliki sistem tiga kamera belakang, terdiri dari sensor utama 48 megapiksel dengan aperture f/1.78, sensor ultra lebar 12 megapiksel dengan aperture f/2.2, dan sensor telefoto 12 megapiksel dengan aperture f/2.8. Perangkat ini menawarkan berbagai fitur, termasuk mode Malam dan mode Potret Malam, serta kontrol fokus dan kedalaman dalam pengambilan gambar dengan subjek manusia, hewan peliharaan, atau objek lainnya.

Berita Lainnya:
Meski UU Perlindungannya Disahkan pada 2022, Data Pribadi Masih Sering Bocor

Pixel 8 Pro juga dilengkapi dengan sistem tiga kamera belakang, yang terdiri dari sensor utama 50 megapiksel dengan aperture f/1.68, sensor ultra lebar 48 megapiksel dengan aperture f/1.95, dan sensor telefoto 48 megapiksel dengan aperture f/2.8. Pixel 8 Pro menawarkan berbagai fitur menarik, beberapa di antaranya lebih unggul daripada iPhone 15 Pro Max berkat penggunaan kecerdasan buatan (AI), seperti Best Take, Magic Eraser, dan Photo Unblur. Selain itu, Pixel 8 Pro juga menyertakan fitur khas Pixel seperti Night Sight dan Astrophotography.

Kedua perangkat ini menawarkan kemampuan zoom optik hingga 5x, tetapi Pixel 8 Pro memiliki kemampuan zoom digital hingga 30x, sedangkan iPhone 15 Pro Max mencapai 25x.

Di bagian depan, iPhone 15 Pro Max memiliki kamera selfie 12 megapiksel dengan aperture f/1.9, sementara Pixel 8 Pro dilengkapi dengan kamera selfie 10 megapiksel dengan aperture f/2.2 dan fokus otomatis.

Perlu diingat bahwa resolusi tinggi tidak selalu berarti hasil yang lebih baik dalam fotografi. Belum ada ulasan Pixel 8 Pro secara mendalam, tetapi iPhone 15 Pro Max telah mendapatkan pujian besar atas kualitas foto yang dihasilkannya. Pixel 8 Pro juga diharapkan memiliki kualitas foto yang luar biasa, terutama dalam kondisi cahaya rendah berkat fitur seperti Night Sight, meskipun beberapa fitur AI-nya dapat menghasilkan foto yang terlalu diedit.

 

6. Kemampuan Video

Dalam hal perekaman video, iPhone 15 Pro Max menawarkan perekaman video 4K pada 24fps, 25fps, 30fps, atau 60fps, serta fitur seperti mode Sinematik dan mode Aksi. Secara keseluruhan, perangkat ini memiliki performa yang sangat baik dalam perekaman video.

Sementara itu, Pixel 8 Pro memiliki perekaman video 4K pada 24fps, 30fps, atau 60fps, serta beberapa fitur tambahan seperti Audio Magic Eraser. Terdapat juga beberapa fitur yang akan datang akhir tahun ini, seperti Video Boost dan Video Night Sight, meskipun fitur-fitur tersebut belum tersedia.

Keputusan Anda antara Apple iPhone 15 Pro Max dan Google Pixel 8 Pro akan sangat bergantung pada preferensi pribadi. iPhone 15 Pro Max adalah perangkat yang luar biasa dengan kinerja yang sangat mulus, desain premium, dan berbagai fitur menarik mulai dari Dynamic Island dan Tombol Aksi hingga fitur perangkat lunak seperti mode Standby dan Check In. Jika Anda telah memiliki perangkat Apple lain, seperti Mac atau AirPods, iPhone 15 Pro Max mungkin merupakan pilihan yang lebih baik untuk Anda.

Namun, Google Pixel 8 Pro juga memiliki desain premium yang serupa, serta beberapa fitur yang sangat menarik, seperti Best Take dan Magic Eraser. Ponsel Pixel juga memiliki beberapa fitur menarik yang akan datang dalam pembaruan akhir tahun ini, dan meskipun kami belum dapat menguji secara mendalam, Pixel selama ini terkenal dengan kemampuan kameranya yang unggul.

Google Pixel 8 Pro memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan kedua perangkat ini, sehingga bisa menjadi pilihan yang lebih baik dari segi nilai. Sementara iPhone 15 Pro Max mahal, namun menawarkan kualitas yang luar biasa. Pertanyaan yang harus Anda tanyakan pada diri sendiri adalah, apakah Anda lebih suka menggunakan iOS atau Android? Pilihan ini akan menjadi faktor yang sangat penting dalam menentukan perangkat mana yang sesuai untuk Anda. 

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi