Selasa, 30/04/2024 - 19:46 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

GADGETTEKNOLOGI

Agar Tidur Lebih Nyenyak, Lakukan Ini Dulu pada Ponsel Sebelum Tidur

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA—Bermain ponsel saat malam hari menjelang tidur sangat tidak dianjurkan. Karena hal ini bisa mengganggu waktu tidur Anda, tidur menjadi tidak nyenyak dan tidak berkualitas. Mengapa demikian? Karena ponsel dilengkapi dengan aplikasi untuk hiburan dan pekerjaan yang bisa membuat Anda tetap terjaga.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Menurut penelitian Harvard pada tahun 2014, cahaya biru buatan dari layar ponsel juga dapat mengganggu jam tubuh kita, sehingga membuat kita sulit tidur. Sebuah penelitian di Arab Saudi pada tahun 2019 terhadap staf medis menemukan bahwa 92,4 persen orang menggunakan ponsel cerdas sebelum tidur, dan orang yang menggunakannya memiliki kemungkinan dua kali lebih besar untuk mengalami tidur yang buruk.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Dilaporkan Daily Mail, Selasa (6/11/2023), penelitian sebelumnya juga menunjukkan bahwa memeriksa media sosial sepanjang hari membuat Anda lebih mungkin mengalami gangguan tidur, dan pengguna Facebook yang berat tiga kali lebih mungkin mengalami tidur buruk, menurut sebuah penelitian di University of Pittsburgh pada tahun 2016.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Untungnya, ponsel masa kini hadir dengan beragam alat untuk membantu membatasi efek cahaya biru, tekanan media sosial, dan godaan untuk streaming TV.

ADVERTISEMENTS

1. Gunakan sleep focus atau bedtime mode

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Baik Apple maupun Android menawarkan alat untuk membantu Anda tidur lebih nyenyak dengan menjadwalkan waktu tidur dan menghilangkan gangguan, termasuk notifikasi dan panggilan telepon.

Mode Sleep Focus Apple terdapat di aplikasi dan membantu Anda tidur lebih nyenyak dengan menjadwalkan waktu tidur teratur (Anda dapat mengubahnya sehingga ada waktu tidur berbeda di akhir pekan).

Untuk mengatur Sleep Focus, buka Settings > Focus, lalu ketuk Sleep. Anda kemudian dapat memilih notifikasi mana yang akan dibungkam (Anda dapat memilih kontak tertentu agar tetap dapat mengirimi Anda pesan, sehingga Anda dapat menerima pesan dari keluarga dekat, misalnya, namun tidak dari kantor).

Berita Lainnya:
Tujuh Jenis Pakaian Terbaik untuk Tidur, Bisa Bikin Lebih Berkualitas

Pengguna Android dapat menemukan rangkaian fungsi yang lebih luas dalam Bedtime Mode, yang menawarkan opsi untuk membungkam ponsel dan bahkan mengubah layar menjadi hitam putih untuk mengurangi gangguan.

Anda juga dapat memilih untuk mengaktifkan Do Not Disturb yang berarti hanya kontak berbintang dan penelepon berulang yang dapat menghubungi Anda.

Bedtime Mode dapat ditemukan di Settings > Digital Wellbeing > Bedtime Mode – Anda dapat menjadwalkannya untuk diaktifkan pada waktu yang sama setiap hari, atau kapan pun Anda mengisi daya ponsel setelah jam 9 malam.

Di dalam menu, buka Screen Options untuk mengubah layar ponsel Anda menjadi hitam putih, meredupkan wallpaper, dan mematikan tampilan jam ‘selalu aktif’ di ponsel Anda.

Bedtime Mode juga dapat menawarkan informasi tentang penggunaan aplikasi Anda sekitar waktu tidur, serta menggunakan sensor ponsel untuk mengukur tidur Anda (dengan mendeteksi gerakan dan mendengarkan dengkuran).

 

2. Gunakan mode suara tidur rahasia iPhone

Bagi banyak orang, suara white noise atau deburan ombak adalah cara sempurna untuk tidur dan iPhone dapat membantu Anda tertidur, tanpa memerlukan aplikasi tambahan apa pun.

Cukup buka Settings > Accessibility > Audio/visual > Background Sounds

Di sana Anda akan menemukan menu termasuk kebisingan seimbang, kebisingan terang, hujan, laut, dan aliran air, yang dapat Anda picu secara manual saat Anda perlu tidur.

 

3. Matikan lampu biru

Pada siang hari, cahaya dengan panjang gelombang biru (termasuk dari layar elektron dan lampu hemat energi) meningkatkan perhatian, waktu reaksi, dan suasana hati. Namun pada malam hari, cahaya biru dapat mengganggu ‘jam tubuh’ atau ritme sirkadian Anda, menurut penelitian Harvard, yang menyebabkan penurunan kualitas tidur. Peneliti Harvard juga memperingatkan cahaya biru juga dikaitkan dengan obesitas, kanker, dan penyakit jantung.

Berita Lainnya:
Tahun Depan, Tesla Berencana Jualan Robot Humanoid Optimus

Untungnya, Android dan iPhone menawarkan opsi untuk ‘menghangatkan’ cahaya dari layar ponsel Anda beberapa jam sebelum tidur.

Untuk mengaktifkan ‘Night Shift’ iPhone, buka Settings > Display and Brightness, lalu gulir ke bawah ke Night Shift dan aktifkan tombolnya. Anda dapat menjadwalkan Night Shift setiap hari atau memilih untuk menyalakannya secara manual.

Anda juga dapat menyalakan Night Shift langsung dari Control Centre: tekan ikon kontrol Brightness, lalu ketuk ikon kecerahan untuk menyalakan atau mematikan Night Shift.

Anda dapat menemukan fungsi serupa di ponsel Android di bawah Settings > Display > Night Light.

Anda dapat menjadwalkan layar ponsel Anda untuk beralih ke arah cahaya kuning, atau menyalakannya secara manual. Anda juga dapat mengatur waktu berakhir agar layar menghilang saat Anda siap untuk bangun.

 

4. Jadwalkan mode gelap

Cahaya terang dari layar ponsel Anda bisa sangat mengganggu saat larut malam, apalagi jika Anda mendapat notifikasi yang membuat layar ponsel Anda bersinar di ruangan gelap. Anda dapat menjadwalkan Dark Mode untuk aktif, mengalihkan ponsel Anda ke layar hitam agar tidak menyilaukan Anda dan membuat membaca lebih nyaman di ruangan yang lebih gelap.

iPhone, buka Settings > Display & Brightness dan pilih Automatic untuk menyalakannya di malam hari.

 

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023.
Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo,
dan Surabaya di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi