Sabtu, 04/05/2024 - 00:28 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIENERGI

Pemerintah Siap Resmikan 51 Penyalur BBM Satu Harga

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Pemerintah siap meresmikan 51 penyalur Program BBM Satu Harga sebagai upaya memberikan keadilan dalam penyediaan energi kepada seluruh masyarakat di Tanah Air. Menteri ESDM Arifin Tasrif didampingi Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Erika Retnowati dijadwalkan meresmikan secara serentak 26 penyalur BBM Satu Harga untuk wilayah Papua dan Maluku, yang dipusatkan di TBBM Sorong, Papua Barat Daya, Jumat (24/11/2023).

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Saat bersamaan, sebanyak 25 penyalur BBM Satu Harga juga diresmikan di tiga lokasi lain, yakni di TBBM Krueng Raya Aceh (9 penyalur), SPBU 5685806 Kabupaten Alor (11 penyalur), dan SPBU 66735002 Kabupaten Kapuas (5 penyalur).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Ini bagian dari upaya pemerintah mempermudah akses energi ke seluruh masyarakat yang berada di remote area. Keterjangkauan ini akan memberikan dampak pemerataan pembangunan ekonomi yang nyata,” kata Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agus Cahyono Adi dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Tips Mudik Lewat Pelabuhan Merak-Bakauheni
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Program yang dijalankan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tersebut, merupakan perwujudan dalam melaksanakan sila kelima Pancasila yaitu Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia, dalam hal ketersediaan, kemudahan akses, dan keterjangkauan harga BBM, terutama di daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T) Indonesia.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Program BBM Satu Harga telah diatur dalam Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 36 Tahun 2016 tentang Percepatan Pemberlakuan Satu Harga Jenis Bahan Bakar Minyak Tertentu dan Jenis Bahan Bakar Khusus Penugasan Secara Nasional.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Beleid tersebut mendelegasikan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) untuk mengawal pelaksanaan program BBM Satu Harga melalui penugasan terhadap badan usaha penerima penugasan dan melaksanakan pembangunan penyalur BBM Satu Harga pada lokasi tertentu yang telah ditetapkan.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Dukung Vokasi, Kemenperin Kembali Gelar Program Jarvis

Dengan peresmian serentak ini, total realisasi penyalur BBM Satu Harga sepanjang 2023 sudah mencapai 80 penyalur atau mencapai hampir 90 persen dari target yang dipatok tahun ini, yakni 89 penyalur.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Dari roadmap yang dicanangkan, hingga akhir tahun 2024 sebanyak 583 penyalur BBM Satu Harga akan beroperasi. Sementara itu secara kumulatif mulai 2017 hingga saat ini, capaian penyalur BBM Satu Harga sudah mencapai 503 penyalur.

Agus mengatakan penyalur-penyalur BBM Satu Harga akan menjadi stimulus bagi masyarakat di daerah remote untuk menikmati harga BBM yang sama dengan masyarakat di perkotaan, sehingga bisa meningkatkan taraf hidup serta perekonomian masyarakat.

 

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023.
Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo,
dan Surabaya di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

sumber : antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi