Senin, 06/05/2024 - 21:28 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Kesendirian Ternyata tak Selamanya Buruk, Begini Manfaatnya untuk Redam Stres

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Sebuah penelitian baru telah mengungkap bahwa menghabiskan waktu sendirian bukan hanya baik, tetapi dapat membantu meringankan tekanan kehidupan modern dan meningkatkan kesejahteraan. Kesendirian, sering kali dianggap sebagai kesepian, sebenarnya memiliki manfaat yang signifikan dalam mengurangi tekanan hidup modern.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Studi yang melibatkan 178 partisipan yang diminta untuk mencatat aktivitas harian mereka selama tiga minggu mengungkapkan hubungan antara kesendirian dan tingkat stres. Semakin banyak waktu yang dihabiskan sendirian tanpa kontak sosial, maka semakin rendah perasaan stres yang dialami seseorang.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Para peneliti menemukan bahwa ketika seseorang menghabiskan lebih banyak waktu sendirian, mereka lebih cenderung merasa bebas menjadi diri mereka sendiri dan mampu mengendalikan aktivitas sehari-hari. Namun, peningkatan kesepian biasanya terjadi pada hari-hari di mana mereka merasa lebih banyak waktu sendirian dari biasanya.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Dadanya Seperti Tertusuk dan Sulit Bernapas, Pria Inggris Menyesal Kenal Vape
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Namun, penelitian ini juga menyoroti bahwa kesendirian tidak selalu positif, terutama jika seseorang merasa lebih kesepian pada hari-hari ketika mereka menghabiskan lebih banyak waktu sendirian daripada biasanya. Namun, bagi mereka yang terbiasa dengan kesendirian, hal ini tidak mempengaruhi kesejahteraan mereka.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Profesor dari University of Reading, Netta Weinstein, yang memimpin penelitian ini, mengatakan bahwa kesendirian bisa menghadirkan ketenangan karena memberikan kontrol yang lebih besar atas kegiatan dan waktu seseorang tanpa tekanan untuk menyenangkan orang lain. Meskipun interaksi sosial sangat bermanfaat, terlalu banyak interaksi bisa memberikan tekanan.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Jadi kesendirian dalam jangka waktu tertentu dapat membantu menyeimbangkan waktu yang kita habiskan untuk bersosialisasi, dan meningkatkan kesejahteraan,” kata Weinstein, dilansir Daily Mail, Jumat (8/12/2023).

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Pakar Yoga Bagikan Trik untuk Normalkan Penglihatan, Dokter Ulas Mitos-Faktanya

Studi ini juga mencari tahu apakah ada jumlah jam kesendirian yang bisa berdampak buruk pada kesejahteraan seseorang. Hasilnya mengejutkan para peneliti karena tidak ada “titik kritis” yang ditemukan. Faktanya, tingkat stres cenderung lebih rendah saat seseorang menghabiskan lebih banyak waktu sendirian.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Peneliti menyimpulkan bahwa kesendirian hanya memiliki dampak negatif pada kesejahteraan jika seseorang merasakan kesepian tanpa keinginan atau jika mereka menghabiskan lebih banyak waktu sendirian daripada biasanya. Ketika individu memilih untuk menyendiri, dampak negatifnya berkurang, sehingga mereka mengalami sedikit rasa kesepian.

Temuan ini menantang stereotip bahwa individu yang sering sendirian dianggap sebagai orang yang kesepian. Penelitian ini menekankan bahwa menyendiri bukanlah sesuatu yang negatif, terutama jika itu adalah pilihan yang disadari dan dinikmati oleh individu. 

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi