Rabu, 01/05/2024 - 22:30 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Program Jaminan Perlindungan Disosialisasikan ke Pekerja Informal di Pasar

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jakarta Pulo Gebang, Senin (11/12/2023), melakukan sosialisasi dan edukasi terhadap para pekerja bukan penerima upah (BPU) atau informal di Pasar Perumnas Klender, Jakarta Timur. Para pekerja informal mendapatkan edukasi tentang pentingnya manfaat progam jaminan sosial ketenagakerjaan.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“Kegiatan sosialisasi dan edukasi ini rutin kami lakukan dengan tujuan agar pekerja informal bisa sadar terhadap risiko sosial pekerjaan seperti kecelakaan kerja dan meninggal dan diharapkan mereka mendapatkan perlindungan dari BPJS Ketenagakerjaan,” kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jakarta Pulo Gebang, Dewi Mulya Sari.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Dewi mengatakan, para pekerja informal yang banyak terdapat di pasar di antaranya seperti pedagang, tukang makanan, tukang ojek, kuli panggul, dan sebagainya. Mereka akan mendapatkan jaminan perlindungan jika mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Dikabarkan Jalani Perawatan di RS Muhammadiyah Sidoarjo, Din Syamsuddin: Sudah Membaik dan Pulang ke Jakarta
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Mulai dari berangkat kerja hingga pulang kerja,” ujar Dewi.

ADVERTISEMENTS

Jika para pekerja tersebut mendapat musibah berupa kecelakaan kerja, maka mereka akan mendapatkan perawatan dengan biaya perawatan yang tak terbatas. Jika meninggal, maka ahli warisnya akan mendapatkan santunan dari BPJS Ketenagakerjaan.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Dewi mengatakan, ada tiga program yang ditawarkan oleh BPJS Ketenagakerjaan.  Yaitu, Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), dan Jaminan Hari Tua (JHT). Namun, umumnya para pekerja informal mengambil dua program yakni JKK dan JKM dengan membayar Rp 16.800 per bulan.

Berita Lainnya:
173.846 Orang Tiba di Bandara Soehatt pada H+3 Lebaran

Dewi mengatakan, secara nasional, jumlah pekerja yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan ada 40 jutaan orang.Sebanyak 7,2 juta di antaranya adalah pekerja informal.

Di wilayah kerja BPJS Ketenagakerjaan Pulo Gebang sendiri, ada 138 pekerja formal yang sudah menjadi peserta. Semantara pekerja informal yang terdaftar sebanyak 34 ribu pekerja.

“Makanya kami jemput bola untuk menyosialisasikan program jaminan perlindungan ketenagakerjaan ke pekerja informal seperti di Pasar Klender ini,” ujar Dewi.

Dewi mengatakan, selain Pasar Klender, pihaknya juga akan menyosialisasiakan ke pasar-pasar lainnya.  Selain ke pasar, pihaknya juga melakukan sosialisasi ke komunitas, asosiasi, kelurahan, hingga ke RT/RW.

“Jadi sifatnya kami jemput bola,” ujar Dewi.

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi