Selasa, 30/04/2024 - 00:42 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Sering Malas Olahraga, Lakukan 7 Langkah Ini Agar Lebih Semangat

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA – Berolaharaga tidak selalu mendapat motivasi tinggi. Ada kalanya, kita malas berolahraga karena beberapa faktor. Misal, saat sedang sakit atau sibuk bekerja. Namun, ada beberapa cara agar bisa mengusir rasa malas berolahraga. Simak tujuh cara berikut, seperti dilansir LiveStrong, Rabu (13/12/2023):

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

1.Siapkan perlengkapan olahraga

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Setelah melewatkan hari latihan, Anda bisa menyiapkan pakaian dan perlengkapkan olahraga untuk keesokan hari di samping tempat tidur. Ini akan mengingatkan Anda untuk berolahraga besok dan memotivasi diri.

ADVERTISEMENTS

“Saat bangun, Anda melihat perlengkapanmu dan langsung memakainya. Jangan beri diri Anda kesempatan untuk terganggu. Suatu hari nanti, hal terbaik untuk motivasi Anda adalah keluar dari rumah,” kata pelatih bersepeda profesional di Absolute Endurance, Garret Seacat.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

 

2.Buat jadwal latihan                                             

Agar teratur, Anda bisa membuat jadwal latihan. Profesor kesehatan mental dan olahraga di Northwestern University Michele Kerulis menganjurkan untuk mencatat waktu olahraga di kalender seperti pertemuan lain.

Berita Lainnya:
Dokter Imbau Calon Jamaah Haji tak Takut Lakukan Vaksin Meningitis

“Jadwal saya bermacam-macam. Penting bagi saya untuk mengetahui apa yang akan saya lakukan dan kapan saya akan melakukannya. Ketika Anda mendaftar untuk kelas tersebut dan Anda membayarnya, maka Anda memiliki komitmen finansial,” ujarnya.

 

3.Jadilah kreatif

Bersikap fleksibel dan kreatif dalam latihan bisa menjadi kunci untuk tetap berolahraga bahkan ketika tidak ingin melakukannya. Mengganti rutinitas olahraga dengan yang baru bisa menjadi cara untuk tetap bergerak sepanjang hari. Misal, Anda terbiasa menghabiskan berjam-jam di tempat gym lalu Anda bisa mencoba bersepeda atau berjalan kaki.

 

4.Tahu alasan berolahraga

Mengetahui alasan untuk berolahraga bisa menjadi motivasi saat Anda sedang merasa malas. Setiap orang mempunyai alasan berbeda untuk terus berolahraga, seperti instruktur Lauren Leavell. Bagi dia, olahraga mendukung kehidupan dan pekerjaannya. “Saya membutuhkan waktu pribadi saya di gym atau berjalan kaki untuk mendukung kelas yang saya ajar dan orang yang saya latih,” ujarnya.

 

5.Sambil mendengarkan musik

Pada saat Kerulis merasa motivasinya menurun, dia meningkatkan energinya dengan memutar playlist olahraga. Dia akan memasukkan playlist acak yang berisi musik rap atau pop atau bahkan lagu pertunjukan Broadway.

Berita Lainnya:
Tips Lamar Kerja untuk Usia 60 ke Atas, Praktikkan 8 Hal Penting Ini

Musik telah terbukti meningkatkan kinerja dengan mengaktifkan otot, meningkatkan detak jantung, dan mengintensifkan kinerja menurut ulasan Juni 2021 di ‌Journal of Functional Morphology and Kinesiology.‌ Musik juga memiliki banyak manfaat untuk meningkatkan suasana hati yang berfungsi sebagai pemicu motivasi lainnya

 

6.Tingkatkan self-talk

Leavell menggunakan playlist untuk membuat dirinya bersemangat, tetapi Anda mungkin juga mendengarnya berbicara sendiri. Pembicaraan dan afirmasi positif pada diri sendiri dapat meningkatkan motivasi dengan membuat orang merasa lebih kompeten dan mampu menurut ‌Social Cognitive and Affective Neuroscience‌. Anda bisa mencoba dengan mengatakan “Saya kuat, saya kuat.”

 

7.Cari motivasi di media sosial

Tetap termotivasi dan energik untuk berolahraga sering kali berarti mengatasi pikiran, kelelahan mental, dan hambatan lain yang menghalangi. Situs media sosial yang dikurasi secara khusus dapat menjadi inspirasi dan penambah suasana hati yang akan membantu Anda tetap termotivasi. 

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi