Rabu, 01/05/2024 - 06:48 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Morfologi Kubah Merapi Alami Perubahan Akibat AGP dan Guguran Lava

ADVERTISEMENTS

Guguran lava pijar Gunung Merapi terlihat dari Turi, Sleman, DI Yogyakarta, Selasa (12/12/2023). Menurut data BPPTKG periode pengamatan 11 Desember 2023 pukul 00.00-24.00 WIB telah terjadi 24 kali guguran lava dengan jarak luncuran maksimal 1.900 meter ke Kali Bebeng dan tiga kali guguran lava dengan jarak luncur 1.000 meter ke arah Kali Boyong, tingkat aktivitas Gunung Merapi Siaga (level III).

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

YOGYAKARTA — Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) melaporkan bahwa aktivitas Gunung Merapi masih cukup tinggi dalam sepekan terakhir. Setidaknya, Merapi mengeluarkan rentetan awan panas guguran (AGP) dan ratusan kali guguran lava pada periode pengamatan 8-14 Desember 2023.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Kepala BPPTKG, Agus Budi Santoso mengatakan bahwa rentetan AGP tercatat pada 8 Desember. Rentetan AGP ini mengarah ke barat daya yakni ke Kali Bebeng dan Kali Krasak dengan jarak luncur sejauh 3.800 meter.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Surya Paloh: Usulan Hak Angket tak Lagi Up To Date
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Setelah itu dilaporkan terjadi hujan abu tipis di wilayah Kecamatan Dukun dan Sawangan, Kabupaten Magelang, dan Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali,” kata Agus, Jumat (15/12/2023).

ADVERTISEMENTS

BPPTKG juga mencatat bahwa dalam sepekan terakhir terjadi 243 guguran lava yang mengarah ke selatan dan barat daya. BPPTKG merinci bahwa 22 guguran lava mengarah ke hulu Kali Boyong sejauh maksimal 2.000 meter, dan 221 guguran lava mengarah ke hulu Kali Bebeng sejauh maksimal 1.900 meter.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Suara guguran terdengar 22 kali dari Pos Babadan dengan intensitas kecil hingga sedang,” ucap Agus.

Berita Lainnya:
Banjir Lahar Dingin Gunung Marapi: Jalur Kabupaten Agam-Tanah Datar Tidak Dapat Dilalui

Akibat adanya AGP dan guguran lava ini, morfologi kubah barat daya Merapi mengalami perubahan. Sedangkan, untuk morfologi kubah tengah teramati tidak mengalami perubahan atau relatif tetap.

“Berdasarkan analisis foto udara, volume kubah barat daya terukur sebesar 2.592.000 meter kubik, dan kubah tengah sebesar 2.358.300 meter kubik,” tegas Agus.

Terkait dengan intensitas kegempaan Merapi, pada pekan ini dikatakan menurun dibandingkan pekan sebelumnya. BPPTKG mencatat bahwa terjadi delapan kali gempa AGP, 15 kali gempa Vulkanik Dangkal (VTB), 93 kali gempa Fase Banyak (MP), 1.087 kali gempa Guguran (RF), dan 13 kali gempa Tektonik (TT).

“Intensitas kegempaan pada minggu ini menurun, terutama gempa-gempa internal seperti VTB dan MP yang jumlahnya berkurang cukup signifikan,” katanya.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi