Minggu, 05/05/2024 - 22:38 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

Unik, Begini Cara Astronot Cukur Rambut di Stasiun Luar Angkasa

ADVERTISEMENTS

Ilustrasi astronot.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Mencukur rambut saat berada di luar angkasa ternyata tidak sesederhana seperti saat melakukannya di bumi. Bila tidak hati-hati, serpihan rambut bisa melayang bebas di dalam stasiun luar angkasa dan menyumbat beragam hardware.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Dalam sebuah video yang dirilis oleh China Manned Space Agency (CMSA), sekelompok astronot asal Cina menunjukkan cara mencukur rambut yang benar ketika berada di stasiun luar angkasa Cina, Tiangong. Sekelompok astronot tersebut terdiri dari komandan misi Tang Hongbo dan dua rekannya Tang Shengjie dan Jiang Xinlin.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Proses mencukur rambut di stasiun luar angkasa harus dilakukan dengan alat cukur rambut khusus yang terhubung pada sebuah selang. Alat pencukur rambut ini mirip seperti yang digunakan oleh astronot di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Erupsi Gunung Ruang Makin Mengkhawatirkan, Sejumlah Warga Binaan Pemasyarakatan Tagulandang Dievakuasi

Selang di alat cukur tersebut merupakan selang khusus  yang dapat menyedot semua helaian rambut yang telah terpotong. Dengan begitu, serpihan rambut tersebut tidak akan melayang bebas di area stasiun luar angkasa dan menyebabkan penyumbatan.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Proses mencukur rambut ini tampaknya tidak bisa dilakukan sendirian. Para astronot tampak saling bergantian untuk mencukur rambut di kepala rekan mereka.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Seperti dilansir Space pada Rabu (20/12/23), video tersebut juga memperlihatkan cara Tang Hongbo keramas di stasiun luar angkasa. Hal pertama yang dia lakukan adalah memakai sebuah shower cap khusus yang berisi sampo di kepalanya. Langkah berikutnya, dia menggosok-gosok kepalanya secara menyeluruh.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Setelah itu, dia melepas shower cap berisi sabun dan menggantinya dengan shower cap kedua. Shower cap ini berisikan air untuk membersihkan dan membilas rambutnya dari sisa sampo. Kemudian, dia mengeringkan rambut secara manual dengan menggunakan handuk.

Berita Lainnya:
BMKG Ingatkan Masyarakat Waspadai Hujan Badai di 27 Provinsi

Tang Hongbo dan kedua rekannya merupakan bagian dari kelompok astronot Shenzhou 17. Mereka tiba di stasiun luar angkasa Tiangong pada 26 Oktober lalu untuk menggantikan para astronot Shenzhou 16 yang akan kembali ke bumi beberapa hari setelahnya.

Saat ini, para astronot Shenzhou 17 telah mengorbit selama lebih dari 50 hari. Selama berada di Tiangong, para astronot memiliki sejumlah misi yang harus dilakukan, termasuk penelitian hingga perawatan fasilitas stasiun luar angkasa. Tak jarang, mereka juga kerap membagikan pemandangan menakjubkan yang terlihat dari Tiangong.

Para astronot Shenzhou 17 rencananya akan tinggal di Tiangong selama sekitar enam bulan. Mereka dijadwalkan akan mendapatkan kargo luar angkasa Tianzhou 7 pada Januari 2024.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi