Rabu, 01/05/2024 - 15:36 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Edukasi Petani Buat JMS, G-Creasi Genjot Produktivitas Hasil Pertanian

ADVERTISEMENTS

Edukasi pembuatan larutan mikroba Jadam Microbial Solution (JMS) di Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jatim.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

 MALANG — Kelompok kreatif bernama Ganjar Creasi (G-Creasi) mendorong produktivitas pertanian melalui edukasi pembuatan larutan mikroba Jadam Microbial Solution (JMS). Dinukil dari Antara, Senin (25/12/2023), G-Creasi adalah para Alumni Muda Universitas Brawijaya (UB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan Universitas Airlangga (Unair). 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

JMS merupakan larutan yang berisi jutaan mikroorganisme yang dapat membantu proses penyuburan media tanam, yakni tanah. Bila kesehatan dan keseimbangan tanah baik maka akan berdampak pula pada pertumbuhan akar tanaman.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Koordinator Wilayah G-Creasi Jawa Timur, Ilham Hasan mengungkapkan pelatihan ini untuk membantu proses penyuburan tanaman para petani di Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jatim. Adapun, pemateri yang hadir adalah Gilang Ady Permana selaku praktisi pertanian.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
 KPAI Minta Negara Lindungi Negara dengan Berantas Judi Online

“Latar belakang diselenggarakan di sini yakni pertama banyak pertaniannya, kemudian banyak warga yang mengeluhkan tentang sistem pertanian masalah utamanya adalah pupuk,” ujar Ilham.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Larutan JMS ini terbilang mudah untuk dibuat, para petani perlu mengumpulkan beberapa bahan seperti daun-daun kering yang sudah menjadi kompos secara alami, kentang 1 buah yang direbus, garam, dan air yang dicampur menjadi satu.

Ilham menyebut, ketergantungan terhadap penggunaan pupuk kimia pada tanaman dan lahan perkebunan memang dianggap memberikan hasil yang lebih cepat.

Berita Lainnya:
Rencana Jalan Tol Dalam Kota Bandung Dianggap Mimpi Buruk

Namun, di balik efeknya yang cepat ternyata penggunaan produk kimia secara sustainable dapat mengganggu kondisi tanaman dan lingkungan, seperti rentan terhadap penyakit maupun hama.

Loyalis Ganjar-Mahfud ini membuka kesempatan bagi para petani yang ingin mendapatkan pembinaan secara berkelanjutan sebagai bentuk komitmen Ganjar Creasi untuk meningkatkan produksi pangan, sehingga berdampak pula terhadap ketahanan pangan nasional.

“Ini tadi setelah pelatihan, jadi dari ketua kelompok taninya kemudian dari petani-petaninya banyak yang minta kontak ke kita. Jadi untuk nanti bisa kontak by wa pribadi untuk menanyakan. Ketika nanti memang petani butuh bimbingan kita akan turun,” kata Ilham.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi