Rabu, 01/05/2024 - 13:31 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Jerman Bahas Misi Maritim Laut Merah dengan Uni Eropa

ADVERTISEMENTS

Sebuah perahu berlayar melewati kapal kargo Galaxy Leader, yang disita oleh Houthi di lepas pantai pelabuhan Al-Salif di Laut Merah di provinsi Hodeidah, Yaman, Selasa (5/12/2023).

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

BERLIN — Juru bicara Kementerian Luar Negeri Jerman mengatakan Berlin dan mitra-mitranya di Uni Eropa sedang mempertimbangkan apakah mereka dapat bergabung dalam misi maritim baru untuk melindungi kapal komersial di Laut Merah. Juru bicara itu mengatakan pemerintah Jerman siap terlibat.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Sebagai pemerintah Jerman kami siap. Penting bagi kami sebagai Uni Eropa bertindak secepat mungkin mengingat serangan sedang berlangsung,” katanya, Kamis (28/12/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Cegah Konflik Israel-Iran Meluas, Direktur CIA Turun Tangan Lobi Intelijen Turki Mediasi
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Ia menambahkan belum ada keputusan yang sudah diambil. Houthi yang didukung Iran menyerang dan menyita lusinan kapal komersial dengan rudal dan drone sejak 19 November lalu.

ADVERTISEMENTS

Kelompok yang menguasai banyak wilayah di Yaman itu hendak menimbulkan kerugian pada perekonomian internasional atas tanggap mereka perang Israel di Gaza. Amerika Serikat (AS) membentuk gugus tugas maritim baru yang dinamakan Operasi Perlindungan Kemakmuran (OPG) untuk merespon serangan itu.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

 

Namun, sejumlah sekutunya masih terlihat enggan untuk terlibat. Juru bicara Kementerian Luar Negeri Jerman mengatakan Berlin masih mempertimbangkan kemungkinan berpartisipasi dalam operasi yang dipimpin AS tersebut.

Berita Lainnya:
Lima Roket Ditembakan dari Irak ke Pangkalan Militer AS di Suriah

Mereka juga melakukan pembicaraan dengan Brussels mengenai memperluas operasi anti-bajak laut Uni Eropa yang dinamakan Atalanta, untuk melindungi pelayaran Laut Merah. Namun belum ada keputusan yang sudah diambil.

Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez mengatakan ia bersedia untuk mempertimbangkan pembentukan misi yang berbeda untuk mengatasi masalah ini. Setelah Spanyol mengatakan mereka menolak perluasan Atalanta dan tidak akan bergabung dengan OPG.

sumber : Reuters

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi