Jumat, 17/05/2024 - 17:07 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Psikolog: Seorang Introvert Butuh Diberikan Banyak Ruang dalam Pertemanan

 JAKARTA — Psikolog Klinis Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya, Ella Titis Wahyuniansari mengatakan bahwa orang introvert atau lebih banyak menghabiskan waktu sendiri, butuh diberi lebih banyak ruang dalam sebuah pertemanan. “Sebenarnya orang introver itu lingkungan juga berpengaruh, dalam arti, kita tahu orang itu introvert, nah berikan dia ruang, kita tidak bisa memaksa ‘ayo kamu harus ngumpul, kalau enggak ngumpul akan dikucilkan’, itu kita tidak bisa memaksa, tetapi kita berikan dia ruang,” kata Ella saat dihubungi di Jakarta, Rabu (3/1/2024).

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Hari Introvert sedunia diperingati setiap tanggal 2 Januari dan diinisiasi pertama kali oleh Psikolog asal Jerman, Felicitas Hayne. Hal tersebut ramai diperbincangkan di media sosial dan menjadi pembahasan penting di kalangan para pengguna.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

“Jadi, di samping introvert ini mencoba untuk masuk ke dalam lingkungan sosial, lingkungan sosial itu juga mesti bisa memberikan apa yang dibutuhkan oleh dia, karena yang dibutuhkan oleh orang introver ini kan rasa kenyamanan, jadi masyarakat juga mesti bisa memberikan itu,” ucapnya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS
Berita Lainnya:
Hernia Tumbuh Sebesar Bola Bowling, Bikin Perut Pria Inggris Membuncit Seperti Hamil

Menurut Ella, seorang introvert memang cenderung lebih menikmati kesendirian, menikmati waktu dengan dirinya sendiri, dan merasa perlu memberikan kualitas untuk dirinya sendiri.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Oleh karena itu, ketika dia berada di keramaian, sebenarnya dia merasa tidak nyaman, karena itu akan menguras energinya. Sebenarnya dia bisa berada di lingkungan sosial, cuma kalau terlalu lama, akan membuat energinya terkuras atau berkurang,” ujar dia.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Ella juga menjelaskan mengapa orang introvert dianggap lebih susah berteman, hal tersebut tidak sepenuhnya benar karena orang introver cenderung berhati-hati dalam menceritakan hal-hal yang berhubungan dengan dirinya

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
Berita Lainnya:
Mencari Strategi Tepat Pola Pengasuhan Cucu

“Dikatakan susah berteman karena orang introvert itu kan hati-hati ya, baik saat menerima, memberikan, atau mencerna informasi. Saat mengambil keputusan dan berteman, mereka cenderung banyak berpikir dalam menentukan apa yang akan dibicarakan, sehingga otomatis mereka tidak akan ceroboh, lebih selektif dalam memilih teman,” katanya.

ADVERTISEMENTS

Ella juga menegaskan, seorang introvert tidak akan semudah itu untuk bercerita permasalahan yang sedang dialami.

ADVERTISEMENTS

“Misalnya dia punya masalah, enggak akan semudah itu dia bercerita kepada temannya, dia akan memilih siapa yang bisa dipercaya dan mendengarkan ceritanya, itu dia memilih banget,” kata Ella.

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi