Selasa, 30/04/2024 - 06:27 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Sandiaga: Penutupan Kawah Ijen demi Pariwisata Berkualitas

ADVERTISEMENTS

Wisatawan berada di kaldera Kawah Ijen di Banyuwangi, Jawa Timur, Ahad (26/12/2021). Pada masa libur Natal, Taman Wisata Alam Kawah Ijen terpantau ramai dikunjungi wisatawan lokal.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

JAKARTA — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, pihaknya mendukung penutupan sementara Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen, Jawa Timur.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Jadi kami mendukung langkah-langkah untuk memastikan pariwisata berkualitas dan berkelanjutan,” ujar Menparekraf dalam The Weekly Brief with Sandi Uno yang digelar di Jakarta, Rabu (3/1/2024).

ADVERTISEMENTS

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Ia menilai penutupan kawasan Taman Wisata Alam Kawah Ijen sudah mempertimbangkan sejumlah hal sebelum kebijakan itu diputuskan. Sebagai gantinya, Sandi menawarkan destinasi wisata seperti desa-desa wisata seperti desa wisata Kemiren-Banyuwangi, Taman Nasional Baluran serta desa wisata di sekitar Bondowoso dan Situbondo, Jawa Timur.

Berita Lainnya:
Sandiaga: Optimalisasi Penerbangan Antisipasi Dampak Tensi Geopolitik

Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen mulai 3 Januari 2024 ditutup sementara buat kunjungan wisatawan dalam rangka evaluasi tahunan sesuai Surat Edaran Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur (Jatim).

“Memang benar TWA Kawah Ijen ditutup sementara untuk evaluasi, dan kami sudah menerima surat edaran dari BBKSDA,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi Muhammad Yanuarto Bramuda, di Banyuwangi, Jatim, Selasa (2/1/2024).

Berita Lainnya:
MK Panggil 4 Menteri di Sidang Pilpres 5 April: Muhadjir, Airlangga, Sri Mulyani dan Risma

 

Bramuda mengemukakan, Taman Wisata Alam Kawah Ijen belum bisa ditentukan kapan akan kembali dibuka bagi pengunjung atau wisatawan, karena masih menunggu hasil evaluasi dan rapat koordinasi BBKSDA yang akan digelar di Surabaya pada Rabu (3/1/2024).

 

Penutupan salah satu destinasi andalan di Banyuwangi itu tertuang dalam Surat Edaran Nomor SE.01/K2/BIDTEK.1/KSA/01/2024, tentang penutupan Kawasan TWA Kawah Ijen. Kepala Bidang KSDA Wilayah III Purwantono menjelaskan penutupan TWA Kawah Ijen dalam rangka evaluasi kegiatan kunjungan wisata alam selama 2023 dan persiapan kegiatan kunjungan tahun 2024.

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi