Rabu, 24/07/2024 - 21:35 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

10 Negara yang Dinilai Punya Kebijakan Cuti Ayah Terbaik

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Pemerintah Indonesia berencana memberikan cuti ayah kepada aparatur sipil negara (ASN) pria yang istrinya melahirkan atau mengalami keguguran. Peraturan ini ditargetkan tuntas maksimal April 2024. Sebelum Indonesia menerapannya, ada beberapa negara yang sudah mempraktikkannya. 

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

Apa itu cuti ayah?

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

Cuti ayah mengacu pada cuti berbayar atau tidak berbayar yang diambil oleh ayah baru untuk membantu merawat anak bayi. Meskipun cuti serupa biasa terjadi pada para ibu, gagasan tentang cuti ayah sedikit lebih modern di sebagian besar budaya. Tren pemberian cuti ayah semakin meningkat karena ayah semakin berperan aktif dalam membesarkan anak, terutama pada tahap bayi baru lahir.

ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

Negara mana saja yang masuk dalam 10 besar?

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

 

ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

Negara-negara Nordik tampaknya merupakan yang paling dermawan dalam hal undang-undang cuti ayah. Sebagian besar negara menawarkan kombinasi opsi cuti fleksibel yang dibayar dengan tarif berbeda.

ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

1. Lithuania

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

Negara Lituania di Eropa menawarkan cuti ayah selama 30 hari yang dibayarkan sebesar 77,58 persen dari penghasilan rutin kepada ayah. Tunjangan membesarkan anak ini memberikan gaji penuh pada tahun pertama dan 70 persen gaji pada dua tahun berikutnya, dibayarkan melalui jaminan sosial.

Berita Lainnya:
Kontroversi Cuti Melahirkan Hingga 6 Bulan, Menparekraf Tawarkan Solusi Ini
ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

2. Jepang

Jepang menawarkan cuti orang tua berbayar selama satu tahun penuh khusus untuk ayah. Gajinya berjenjang dengan paruh pertama (atau 180 hari) dibayarkan sebesar 67 persen dari gaji rutin karyawan. Sisanya dibayar 50 persen. Pembayaran disediakan oleh pemerintah Jepang.

3. Swedia

Swedia menawarkan kedua orang tua akses cuti bersama selama 480 hari dengan bayaran sebagian. Cuti orang tua dibayarkan dalam tingkatan yang fleksibel mulai dari 80 persen dari gaji rutin karyawan.

4. Estonia

Estonia adalah negara Eropa yang ramah keluarga lainnya. Mereka menawarkan cuti ayah selama dua pekan yang dibayar sebesar 100 persen, ditambah tambahan 435 hari cuti bersama sebagai orang tua.

5. Islandia

Undang-undang baru tahun 2021 di Islandia memperpanjang durasi gabungan cuti melahirkan dan cuti ayah menjadi 12 bulan, dibagi rata antara ibu dan ayah (masing-masing enam bulan). Cuti dibayarkan sebesar 80 persen dari gaji tahunan karyawan.

Berita Lainnya:
Herbathos Kenalkan Produk Herbal Dukung Gaya Hidup Sehat

6. Slovenia

Ayah di negara Eropa, Slovenia, berhak atas cuti ayah selama 12 pekan dengan gaji yang bervariasi. Dua pekan pertama dibayar 100 persen dari gaji karyawan, dan 10 pekan sisanya dibayar dengan upah minimum yang telah ditentukan.

7. Norwegia

Di Norwegia, ayah berhak mendapatkan 15 pekan dengan gaji 100 persen atau 19 pekan dengan gaji 80 persen melalui jaminan sosial.

8. Kanada

Kanada membayar 55 persen dari gaji tahunan rata-rata karyawan. Keluarga di Kanada juga menerima cuti orang tua selama 35 pekan yang dapat dibagi antar orang tua.

9. Prancis

Prancis baru-baru ini menggandakan tunjangan cuti ayah dari dua pekan menjadi empat pekan. Bos bertanggung jawab atas pembayaran tiga hari pertama. Sisanya 25 hari dibayar melalui jaminan sosial. Cuti tambahan selama tujuh hari diberikan untuk kelahiran kembar.

10. Portugal

Di Portugal, ayah menerima cuti ayah standar selama 20 hari, ditambah lima hari opsional lainnya. Cuti ayah di Portugal dibayar 100 persen dari gaji rutin karyawan melalui jaminan sosial.

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

حَتَّىٰ إِذَا بَلَغَ مَغْرِبَ الشَّمْسِ وَجَدَهَا تَغْرُبُ فِي عَيْنٍ حَمِئَةٍ وَوَجَدَ عِندَهَا قَوْمًا ۗ قُلْنَا يَا ذَا الْقَرْنَيْنِ إِمَّا أَن تُعَذِّبَ وَإِمَّا أَن تَتَّخِذَ فِيهِمْ حُسْنًا الكهف [86] Listen
Until, when he reached the setting of the sun, he found it [as if] setting in a spring of dark mud, and he found near it a people. Allah said, "O Dhul-Qarnayn, either you punish [them] or else adopt among them [a way of] goodness." Al-Kahf ( The Cave ) [86] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi