Rabu, 01/05/2024 - 06:05 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Strategi Membangun Pelayanan Handal Kehumasan Rumah Sakit Pemerintah

ADVERTISEMENTS

 Oleh: Bambang Dedi Mulyadi, SSos, MAP/Praktisi Bidang Kehumasan 

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Seiring perkembangan dan kemajuan teknologi informasi saat ini,  maka  tuntutan masyarakat terhadap peningkatan kualitas pelayanan di institusi rumah sakit  terutama milik  penerintah semakin kompleks.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Realita persoalan yang sering mengemuka di media antara lain  aspirasi pentingnya  kemudahan mendapatkan informasi pelayanan, kemudahan akses pengaduan pelayanan, serta  kecepatan dalam merespon keluhan masyarakat.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Masyarakat cenderung lebih memilih perawatan di runah sakit  pemerintah dilatari beberapa pertimbangan dasar, antara lain,   dari aspek  biaya dinlai bisa terjangkau, memiliki peralatan modren serta didukung sumberdaya  pelaksana pelayanan dalam jumlah cukup banyak.

ADVERTISEMENTS

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Sehingga dengan ketersediaan SDM dalam cukup besar tersebut, diharapkan akses untuk mendapatkan pelayanan informasi  terkait pelayanan medik maupun penunjang non medik (administrasi/ kehumasan) akan lebih cepat dan mudah.

Pelayanan prima atau handal di rumah sakit merupakan tujuan utama dari setiap penyedia layanan kesehatan. Masyarakat berharap pengelola rumah sakit terus berikhtiar kuat bergerak cepat meningkatkan kualitas pelayanan. 

Pada bagian artikel ini, penulis akan memberikan pemikiran orsinil bagaimana Stategi Membangun Sistem Pelayanan Kehumasan Handal pada  Institusi Rumah Sakit Pemerintah.

Berita Lainnya:
Kontak Prabowo, Erdogan Ajak Perkuat Kerja Sama Militer RI-Turki

Alasan pentingnya keberadaan SDM  Kehumasan profesional di lembaga rumah sakit pemerintah adalah untuk membantu manajenen rumah sakit  mempercepat  terwujudnya  visi dan misi kepala daerah  melaui pelayanan promosi edukasi secara kencang san akurat serta tepat sasaran.

Visi dan misi kepala daerah tersebut adalah meningkatkan derajat kesehatan rakyat melalui pelayanan di rumah sakit.

Di mana pada  pemikiran analisa juga lebih dipertajam  dengan latar belakang dan  ilmu pengetahuan penulis sebagai seorang  mantan jurnalis dan pekerja  profesional bidang kehunasan di lembaga  penerintah daerah.

Pelayanan prima atau handal tidak hanya terkait kualitas pelayanan medis dan manajemen administrasi umum. Tetapi juga harus  mencakup aspek-aspek lain seperti kenyamanan, keamanan, komunikasi, dan empati.

Berikut pembahasan pokok bagaimana Strategi Membangun Sistem Pelayanan Handal Bidang Kehumasan  Rumah Sakit Pemerintah:

1. Strategi Penguatan Regulasi Penunjang Non Medik, Hukum dan Diklat, termasuk di dalamnya Bidang Kehumasan 

Berbicara masalah penguatan peran dan fungsi kelembagaan termasuk lembaga di rumah sakit kerap kali kita dihadapkan pada belum adanya regulasi secara spesifik,  yang mengatur tugas dan fungsi bidang  kehumasan runah sakit.

Keberadaan regulasi yang mengatur secara tegas  bidang kehumasan sangat penting. Ini untuk menghindari peran ganda dengan bidang lain di runah sakit.

Berita Lainnya:
Prof Hamdi Muluk Sebut Bansos Bisa Tingkatkan Daya Pilih Hingga 29%

Sebagaimana kita ketahui peran bidang kehumasan pada insitusi pelayanan publik pemerintah termasuk pada lembaga runah sakit sangat strategis. 

Tugas utama bidang kehumasan tidak hanya fokus secara cepat  menyebarkan luaskan informasi informasi kegiatan rumah sakit, merespon isu isu keluhan yang menjadi sorotan masyarakat, lebih utama lagi adalah bagaimana peran humas dalam mengawal dan memperkokoh menjaga citra positif misi dan misi seorang kepala daerah  dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan rakyat.

Pasalnya, sektor pelayanan di runah sakit merupakan bagian tidak bisa dipisahkan dengan pelayanan kesehatan  yang diperankan pemerintah daerah.

Peran Bidang Kehumasan dituntut tidak hanya berpikir dan bertindak ceoqt, kreatif dalam.melakukan inovasi inovasi pelayanan, namun juga perlu keahlian  lain melekat berupa kecerdasan ilmu pengetahuan lain  yang menyertainya.

Review dari strategi ini adalah pentingnya regulasii tegas selain regulasi tugas dan fungsi runah sakit sebagaimana di atur dalam.perda perangkat daerah dan peraturan kepala daerah yang menjabarkan tugas dan fungsi organisasi perangkat daerah.

 

Regulasi itu bisa berupa Peraturan Kepala Daerah (Pergub. Peraturan Bupati, atau Peraturan Wali Kota). 

 

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi