Selasa, 30/04/2024 - 01:35 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Erdogan Dukung Mark Rutte Sebagai Calon Sekjen NATO 

ADVERTISEMENTS

Perdana Menteri Belanda Mark Rutte tiba untuk KTT Uni Eropa di gedung Dewan Eropa di Brussel, Kamis, 23 Maret 2023. Para pemimpin Uni Eropa bertemu Kamis untuk KTT dua hari untuk membahas perkembangan terbaru di Ukraina, ekonomi, energi, dan lainnya topik termasuk migrasi.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

ANKARA — Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan melalui sambungan telepon memberitahu Perdana Menteri Belanda Mark Rutte, Ankara mendukung pencalonannya sebagai Sekretaris Jenderal Organisasi Pertahanan Atlantik Utara (NATO) yang baru berdasarkan harapan dan kebutuhannya. Percakapan ini disampaikan Kantor kepresidenan Turki pada Ahad (31/3/2024).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Dalam pernyataannya kantor kepresidenan Turki mengatakan, Erdogan memberi tahu Rutte yang akan turun dari jabatannya itu, Turki berharap ketua aliansi pertahanan Eropa yang baru akan melayani kebutuhan dan kepentingan sekutu mengenai kontra-terorisme dan mempertimbangkan sensitivitas sekutu non-Eropa.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Netanyahu Berjanji akan Menang Usai Kena Serangan Balasan dari Iran
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Bulan lalu Amerika Serikat (AS), Inggris, Prancis dan Jerman mengatakan mereka mendukung Rutte untuk menggantikan Jens Stoltenberg. Dukungan empat negara itu membawa Rutte menjadi kandidat unggulan calon sekjen NATO yang baru.

ADVERTISEMENTS

Stoltenberg akan diganti setelah ia turun dari jabatannya pada bulan Oktober mendatang. Pergantian pemimpin ini terjadi ketika NATO di masa kritis untuk mempertahankan dukungan pada pertahanan Ukraina menghadapi invasi Rusia sambil menjaga agar perang tidak mendorong NATO bertempur langsung dengan Moskow.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
China Kutuk Serangan Israel ke konsulat Iran di Suriah, Sebut Makin Ciptakan Ketegangan

“Presiden (Joe) Biden sangat mendukung pencalonan Perdana Menteri Rutte untuk menjadi Sekretaris Jenderal NATO berikutnya,” kata seorang pejabat AS pada bulan Februari lalu. “Perdana Menteri Rutte yang sangat memahami pentingnya aliansi, merupakan pemimpin dan komunikator berbakat, dan kepemimpinannya akan melayani Aliansi di masa krusial,” tambah pejabat itu.

Tergantung pada hasil pemilihan presiden AS pada bulan November mendatang, Ketua NATO yang baru mungkin akan menghadapi masa jabatan kedua mantan presiden AS Donald Trump yang komitmennya menjaga sekutu-sekutu di Eropa dipertanyakan.

sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi