Selasa, 30/04/2024 - 02:56 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Pemantau Pemilu: Turki Perlu Pastikan Kebebasan Berekspresi 

ADVERTISEMENTS

Pendukung kandidat wali kota Istanbul dari partai oposisi Turki Republican Peoples Partys (CHP), Ekrem Imamoglu.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

ANKARA — Kelompok pemantau pemilu dari Dewan Eropa mengatakan pemilihan daerah skala nasional Turki, berjalan kompetitif dan memberi masyarakat banyak pilihan. Tapi, digelar di tengah “lingkungan yang sangat terpolarisasi” di mana perlu banyak pekerjaan yang dilakukan demi memastikan kebebasan berekspresi.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Partai oposisi meraih kemenangan dari Partai AK yang dipimpin Presiden Tayyip Erdogan. Oposisi menegaskan dirinya sebagai kekuatan politik. Hasil pemilihan daerah pada Ahad (31/3/2024) kemarin menjadi kekalahan terbesar Erdogan dan Partai AK, selama dua puluh tahun lebih berkuasa dan dapat menjadi sinyal perubahan lanskap politik Turki.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Perdana Menteri Italia Akan Maju Dalam Pemilihan Parlemen Eropa
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Secara keseluruhan, pemungutan suara berjalan dengan tenang dan terorganisir dalam sikap profesional, dengan angka partisipasi tinggi yang menunjukkan tingginya komitmen warga pada proses demokrasi,” kata kepala misi pemantauan pemilu Dewan Eropa, David Eray dalam konferensi pers di Ankara, Senin (1/4/2024).

ADVERTISEMENTS

“Kami menyambut baik pemilihan yang kompetitif ini, yang mana pemilih dapat memilih banyak opsi, kami hanya mencatat pemilihan daerah 2024 di Turki digelar di tengah lingkungan yang sangat terpolarisasi dan tidak terlalu kondusif bagi pemilihan lokal,” kata deputi kepala delegasi Vladimir Prebilic.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Prebilic menambahkan sejumlah pihak di Dewan Eropa prihatin dengan praktik-praktik pemilu di Turki yang belum diatasi. “Sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi Dewan Eropa, supremasi hukum dan hak asasi manusia, perlu lebih banyak upaya untuk memastikan lingkungan politik dan media yang memiliki kebebasan berekspresi yang tulus dan kerangka kerja yang wajar dan diimplementasikan dengan baik yang diawasi lembaga peradilan yang independen,” katanya.

Berita Lainnya:
PBB Umumkan Seruan Global Bantuan untuk Gaza

Kritikus mengatakan, pemerintah Erdogan membungkam perbedaan pendapat, mengikis hak asasi manusia dan membawa institusi peradilan dan lembaga lain dalam kekuasaannya. Tuduhan yang dibantah pemerintah. Menjelang pemilihan daerah media pro-pemerintah meliput kampanye harian Erdogan. Sementara liputan kampanye oposisi terbatas.

Misi pemantauan pemilih terdiri dari 26 pemantau dari 16 negara Eropa. Mereka memantau lebih dari 140 tempat pemungutan suara, termasuk di kota-kota terbesar di Turki seperti Istanbul dan Ankara. 

sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi