Selasa, 30/04/2024 - 19:32 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Itikaf Bersama Anak, Bagaimana Agar Khusyuk, Si Kecil Senang, Jamaah Lain tak Terganggu?

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Mengajak anak ikut itikaf di masjid sesungguhnya bukan sesuatu yang mustahil. Hanya saja, perlu persiapan matang sebelum melakukannya.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Guru Alquran di Sekolah Tahfidz Balita Rutab Al-Qarni yang berlokasi di Payaman Utara, Imogiri, DI Yogyakarta, Nurlatifah sudah beritikaf di masjid sejak kuliah. Dulu, dia terbiasa itikaf bersama teman-temannya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Jadi sudah rutin sebagai kegiatan tahunan bersama teman-teman dulu,” ujar perempuan yang disapa Latifah ini kepada Republika.co.id, beberapa waktu lalu.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Kini, Latifah sudah berkeluarga dan memiliki dua anak berusia enam dan empat tahun. Tahun ini, Latifah berkesempatan untuk melakukan itikaf dengan membawa kedua anaknya. Dia dan keluarga melakukan itikaf dimulai dari malam 21 Ramadhan.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Ragam Amalan yang Dilakukan Nabi Muhammad SAW pada 10 Hari Terakhir Bulan Ramadhan

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Kami memulainya bakda Tarawih, meniatkan untuk itikaf, (setelah sholat Isya dan Tarawih) pulang terlebih dahulu menyiapkan beberapa hal untuk bekal anak-anak di masjid,” kata perempuan yang menjabat sebagai ketua yayasan Daarul Maqaamil Amiin ini.

Sebelum berangkat itikaf, Latifah menyiapkan bekal makanan, baju ganti, peralatan mandi, alat sholat, buku bacaan anak, mainan, dan vitamin. Yang terpenting adalah alat tidur untuk anak-anak agar nyaman selama mengikuti itikaf.

Latifah juga berusaha membuat daftar target apa saja yang ingin dikejar selama itikaf. Dia menyebut tentunya ada banyak perbedaan itikaf bersama anak-anak dan saat masih lajang.

Berita Lainnya:
Berkah Ramadhan, Profesor Jenius di Universitas Harvard Ini Bersyahadat Ingin Masuk Islam

“Kerepotannya mungkin lebih banyak, sehingga perlu persiapan yang lebih matang, perlu kesabaran yang luas karena yang diurus tidak hanya diri sendiri, tapi juga membawa suami dan anak-anak,” kata perempuan yang berdomisili di Payaman Utara, Imogiri ini.

Latifah kemudian membagikan beberapa tipsnya bagi yang ingin itikaf sambil membawa anak. Pertama, niatkan betul untuk menjemput keridhaan Allah SWT, menanamkan kecintaan anak-anak pada masjid, Alquran, dan keluarga berusaha untuk mendekat kepada Allah SWT di malam-malam terakhir Ramadhan.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi