Selasa, 30/04/2024 - 15:16 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

5 Kebiasaan Buruk Ketika Nyetir Mobil, Sering Dianggap Sepele Padahal Berbahaya

ADVERTISEMENTS

Mobil (ilustrasi). Setidaknya ada 5 kebiasaan buruk yang perlu dihindari ketika menyetir mobil.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

JAKARTA — Berkendara merupakan aktivitas yang menuntut fokus yang tinggi dan respons yang cekatan. Beragam aktivitas atau kebiasaan yang berpotensi menjadi distraksi saat berkendara perlu dihindari demi keselamatan diri sendiri dan orang lain.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Ironisnya, kebiasaan yang mendistraksi saat berkendara bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk orang-orang yang merasa bahwa diri mereka adalah pengemudi yang baik dan bertanggung jawab. Berikut ini adalah 5 kebiasaan buruk yang perlu dihindari tersebut, seperti dilansir SBS pada Rabu (3/4/2024):

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

1. Melihat ponsel

ADVERTISEMENTS

Mengecek ponsel mungkin memang hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja. Namun pada waktu yang singkat itu, apa pun bisa terjadi. Oleh karena itu, pengendara harus menghindari kebiasaan mengecek ponsel sambil menyetir, meski hanya sebentar. Bila ada hal mendesak, pinggirkan kendaraan dengan aman terlebih dahulu sebelum menggunakan ponsel.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Ini Alasan Dilarang Keras Nyetir Saat Mabuk, Bisa Hilangkan Nyawa Orang Lain

 

2. Makan

Mengemil memang dapat membuat aktivitas menyetir jadi terasa lebih menyenangkan. Akan tetapi, kebiasaan mengemil sambil menyetir bisa meningkatkan peluang untuk terjadinya tabrakan, menurut statistik. Situasi ini mungkin saja terjadi karena ketika mengemil, pengendara tak bisa menggunakan kedua tangannya dengan optimal untuk mengontrol mobil mereka.

3. Muatan berlebih

Menaruh terlalu banyak muatan di mobil bisa membuat kendaraan tersebut menjadi lebih sulit untuk dikontrol. Penglihatan pengendara juga bisa terganggu karena tertutupi oleh muatan yang terlalu banyak di mobil.

Berita Lainnya:
Kecelakaan di Jalur Contra Flow Tol Jakarta-Cikampek KM 58, 12 Orang Meninggal

4. Mengaplikasikan riasan

Sebuah survei di Inggris menemukan sekitar 450 ribu kecelakaan terjadi dalam satu tahun karena pengendara mengaplikasikan riasan wajah sambil menyetir. Mampu mengaplikasikan riasan wajah sambil menyetir mungkin terlihat sebagai sebuah keterampilan yang memukau. Namun, keterampilan ini bisa berisiko membahayakan keselamatan.

5. Minum alkohol

Berkendara dalam kondisi mabuk akibat minuman beralkohol bisa sangat berisiko. Dalam kondisi mabuk, pengendara tidak bisa memusatkan fokus hingga memberikan respons yang cekatan ketika sedang menyetir. Karena itu, tak ada alasan yang bisa membenarkan aktivitas berkendara di bawah pengaruh alkohol.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi