Rabu, 01/05/2024 - 05:44 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Kepada Menhan Kihara Minoru, Prabowo Ingin Tambah Kadet RI Belajar di Jepang

ADVERTISEMENTS

TOKYO — Presiden terpilih sekaligus Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto bertemu dengan Menhan Jepang Kihara Minoru di Tokyo, Rabu (3/4/2024). Keduanya membahas kemungkinan perluasan kerja sama pertahanan, khususnya menambah jumlah kadet Indonesia yang mengenyam pendidikan di negeri Sakura itu.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Prabowo menilai, para kadet yang telah dikirim bersekolah di Jepang menunjukkan hasil yang baik untuk kualitas sumber daya manusia (SDM) pertahanan Indonesia. Hal itu terbukti dari dua kader atau taruna yang sudah menempuh pendidikan di Jepang.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Baca: China, Negara Pertama yang Dikunjungi Presiden Terpilih Prabowo

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Dulu saya bertemu Menhan Jepang dan meminta pengiriman kadet dari Indonesia. Dimulai dengan pengiriman dua orang. Setelah itu, saya meminta lagi jumlah pengiriman kadet Indonesia ke sekolah pertahanan Jepang hingga menjadi empat orang,” ujar Prabowo.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Terungkap Penyebab Awal Bentrok Ormas yang Akibatkan Satu Orang Meninggal di Kota Bandung

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Karena itu, Prabowo berharap Minoru bersedia menambah kuota untuk kader Indonesia. “Saat ini saya ke Jepang, berharap ada penambahan jumlah pengiriman Kadet Indonesia lebih banyak lagi di masa mendatang,” ujarnya.

Selain mengenai pendidikan kadet, keduanya juga membahas kerja sama pertahanan, baik dalam kerangka bilateral maupun multilateral dan bertukar pandangan mengenai masalah keamanan regional.

Baca: SBY dan Prabowo, Penghuni Paviliun 5A Akmil yang Jadi Presiden

Dalam kesempatan itu, Minoru menyatakan keinginannya untuk terus menjaga dan mewujudkan kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka atas dasar supremasi hukum bersama dengan Indonesia, sebagai negara maritim.

Selain membahas ihwal kerja sama, Prabowo juga mengapresiasi keberadaan patung Panglima Besar Jenderal Soedirman setinggi empat meter di Kantor Kemenhan Jepang. Menurut eks panglima Kostrad dan Danjen Kopassus tersebut, patung Jenderal Soedirman merupakan bukti persahabatan Indonesia dan Jepang.

Berita Lainnya:
Aksi May Day Kali Ini Diduga Bakal Mengerikan, Ribuan Buruh akan Turun ke Jalan

“Di kementerian ini, ada patung salah satu panglima kita, Panglima Besar Jenderal Soedirman. Kalau tidak salah ada patung di kementerian pertahanan ini (Jepang). Saya kira itu salah satu tanda, hubungan kita yang lama dan yang akrab,” kata Prabowo.

Baca: Pidato Perpisahan KSAU: Pemimpin Kesatria tidak Lari Saat Hadapi Masalah

Di akhir pertemuan, keduanya saling bertukar cenderamata. Minoru memberikan jam hias warna emas kepada Prabowo. Adapun Prabowo memberikan hadiah keris yang juga dibalut warna emas.

Kunjungan Prabowo ke Jepang merupakan lanjutan dari lawatannya ke China sejak Senin (1/4/2024). Ini adalah kunjungan luar negeri pertama Prabowo sejak ditetapkan sebagai capres pemenang Pilpres 2024 oleh KPU RI.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi