Selasa, 30/04/2024 - 03:57 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Sidang Doktoral, Perwira Menengah Polri Ini Ungkap Sekuritas Kesehatan dari Pandemi Covid

ADVERTISEMENTS

Kombes Pol Dr Yade Setiawan Ujung pertahankan disertasinya berjudul “Evaluasi Kebijakan Operasi Aman Nusa II dalam Penanganan Covid-19 oleh Polrestabes Bandung”

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

  BANDUNG- Universitas Padjadjaran merilis temuan penting yang memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana pandemi Covid-19 dapat menginformasikan dan memperkuat konsep keamanan holistik melalui lensa health security. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Dalam menghadapi Covid-19, banyak negara, termasuk Indonesia, mengalami tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya, yang membutuhkan koordinasi antarsektor dan mobilisasi sumber daya dalam skala besar. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Hal ini terungkap dari kajian Operasi Aman Nusa II Polri yang ditulis oleh Kombes Pol Dr Yade Setiawan Ujung dalam disertasinya yang berjudul “Evaluasi Kebijakan Operasi Aman Nusa II dalam Penanganan Covid-19 oleh Polrestabes Bandung”. 

ADVERTISEMENTS

Disertasi ini mengevaluasi respons pemerintah khususnya Polri terhadap pandemi sekaligus memetakan jalan menuju integrasi yang lebih erat antara keamanan dan kesehatan publik dimana penerapan konsep health security dapat meningkatkan efektivitas respons terhadap krisis kesehatan. 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Bos Uni Eropa Diselidiki dalam Kasus Dugaan Korupsi Vaksin Covid-19

 

Penelitian ini menunjukkan bahwa sukses dalam penanganan pandemi tidak hanya bergantung pada kapasitas sektor kesehatan saja tetapi juga pada kerjasama dan koordinasi antar lembaga, termasuk peran aktif kepolisian dalam upaya pencegahan, mitigasi, dan pemulihan.

Salah satu pelajaran terpenting dari pandemi ini adalah pentingnya memperkuat sistem health security sebagai bagian dari infrastruktur keamanan nasional. Ini berarti mengintegrasikan strategi kesehatan publik ke dalam perencanaan dan implementasi kebijakan keamanan, memastikan bahwa negara dapat merespons dengan cepat dan efektif terhadap ancaman kesehatan masa depan.

Tahapan reformasi kebijakan yang disarankan mencakup pembenahan regulasi untuk memperkuat kapasitas Polri dalam merespons ancaman di bidang kesehatan, pengembangan kerangka kerja yang memfasilitasi koordinasi antarsektor, dan peningkatan partisipasi publik dalam upaya kesehatan preventif. 

Berita Lainnya:
Laju Ekonomi Kota Depok Semakin Membaik Pascapandemi Covid-19

Melalui pendekatan ini, pemerintah dapat menciptakan sistem keamanan yang lebih resilien dan adaptif, yang mampu melindungi masyarakat dari berbagai bentuk ancaman, termasuk pandemi. 

Dengan mengintegrasikan pelajaran dari pandemi Covid-19 ke dalam strategi keamanan nasional, kita dapat membangun masyarakat yang lebih sehat, aman, dan unggul.

Diketahui bahwa pada Kamis 04 April 2024 Kombes Pol Dr Yade Setiawan Ujung mempertahankan disertasi evaluasi aman nusa ii penanganan Covid 19 oleh Polri ini dihadapan para guru besar Universitas Padjajaran.

Di akhir sidang perwira menengah Polri tersebut dinyatakan berhak meraih gelar akademik doktor dengan lulus predikat Cumlaude.

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi