Kamis, 30/05/2024 - 01:27 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Jokowi-Ma’ruf Amin Sholat Id di Masjid Istiqlal

 JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin melaksanakan sholat Idul Fitri 2024 di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Rabu (10/4/2024). Sholat Idul Fitri yang dipimpin oleh HA Husni Ismail tersebut dijadwalkan dimulai pada pukul 07.00 WI

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Berdasarkan pantauan Republika.co.id, Masjid Istiqlal telah dipenuhi oleh banyak jamaah yang akan mengikuti salat Idulfitri sejak pukul 05.30 WIB. Selain Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin, pelaksanaan sholat Id ini juga dihadiri oleh para menteri Kabinet Indonesia Maju beserta para duta besar.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Jokowi dan Iriana serta Ma’ruf Amin dan istri tiba di Masjid Istiqlal pada pukul 06.40 WIB. Ia tampak mengenakan kemeja putih dan peci berwarna hitam saat tiba.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Jokowi duduk di saf paling depan di samping Wapres Ma’ruf Amin. Tampak hadir pula mengikuti sholat Id di Masjid Istiqlal, di antaranya Menko Polhukam Hadi Tjahjanto, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, dan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Berita Lainnya:
Tak Jera Meski Telah Dipenjara, Dua Maling Motor Ini Kembali Ditangkap

 

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Khutbah Idul Fitri 1445 H di Masjid Istiqlal disampaikan oleh KH Abd A’la Basyir dengan tema ‘Memperkuat Kebersamaan dalam Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa’.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Usai menunaikan sholat Idul Fitri, Presiden Jokowi menggelar open house yang bisa dihadiri oleh para pejabat dan masyarakat umum. Open house yang digelar di Istana Kepresidenan Jakarta akan mulai dibuka pada pukul 09.00 WIB.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Sebelumnya, pemerintah telah menetapkan 1 Syawal 1445 bertepatan dengan Rabu 10 April 2024. Penetapan ini dilakukan melalui sidang Isbat yang dipimpin Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan melibatkan sejumlah pakar, akademisi, dan perwakilan ormas. Sidang juga dihadiri sejumlah delegasi negara sahabat. 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
ADVERTISEMENTS

“Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal jatuh pada Rabu 10 April 2024 Masehi,” kata Yaqut dalam Sidang Isbat 1 Syawal 1445 di Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Selasa (9/4/2024).

ADVERTISEMENTS

Sementara itu, berdasarkan pengamatan sejumlah titik rukyat antara lain hilal 1 Syawal 1445 H berhasil dirukyat antara lain di Jawa Timur antara lain di Markaz Tanjung Kodok Lamongan Jawa Timur, Masjid Agung Darussalam, Sooko, Kabupaten Mojokerto, dan RSI Siti Hajar, Kabupaten Sidoarjo.  

Berita Lainnya:
Kemenhub Bebas Tugaskan Kepala Kantor UPBU yang Ajak Turis Korea ‘Ngamar’ ke Hotel

Anggota Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama Cecep Nurwendaya menyebut posisi hilal awal Syawal 1445 H di seluruh wilayah Indonesia berada di antara 4° 52‘ 43“ sampai dengan 7° 37‘ 50“, dan elongasi antara 8° 23‘ 41“ sampai 10° 12‘ 56“.

Berdasarkan data tersebut, maka menurut Cecep, posisi hilal sudah memenuhi kriteria yang ditetapkan MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, Singapura) sehingga diprediksi dapat dilihat. Hal ini disampaikan Cecep saat memaparkan posisi hilal jelang Sidang Isbat penetapan 1 Syawal 1445 H/2024 M di Gedung Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

“Dari data tersebut, hilal kemungkinan dapat dirukyat pada hari ini, karena tinggi hilal seluruh wilayah Indonesia sudah memenuhi kriteria visibilitas hilal atau imkan rukyat menurut kriteria MABIMS,” ungkap Cecep, Selasa (9/4/2024).

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi