Senin, 29/04/2024 - 23:58 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Shelter Pattingalloang Jadi Percontohan Penanganan Kasus Kekerasan

ADVERTISEMENTS

 MAKASSAR–Shelter Pattingalloang, Kecamatan Ujung Tanah, Makassar, Sulawesi Selatan menjadi percontohan penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan di Sulawesi Selatan.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“Awal mula dibentuknya shalter Pattingalloang ini karena kepedulian terhadap korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) di masyarakat pesisir,” kata Pengagas Shelter Panggagas Shelter Pattinglloang Nuraerni di Makassar, Sabtu (30/3/2024) lalu.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Nuraerni mengatakan bahwa shelter ini merupakan perpanjangan tangan dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Makassar. Menurut dia, pembentukan shelter tersebut merupakan suatu gerakan dari masyarakat, oleh masyarakat, dan untuk masyarakat. Tujuannya memberikan pemahaman atas perolehan hak terhadap perempuan dan anak.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Kompolnas Soroti Perbedaan Keterangan Pihak Korban dan Polda Sulut
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Kelompok shelter warga yang sudah terbentuk sebelum masa Covid-19, kata Nuraeni, mempunyai tugas untuk menyisir warga, khususnya perempuan dan anak yang tidak terpenuhi hak-haknya. “Saya berharap hal tersebut dapat memutus rantai kekerasan terhadap perempuan maupun anak di dalam rumah tangga maupun lingkungan sekitarnya,” ujar Ketua Shelter Pattingalloang ini.

ADVERTISEMENTS

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Shalter Pattingalloang yang sudah dikunjungi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati ini bertujuan untuk membantu masyarakat agar mereka bisa melaporkan ketika mereka mengalami kekerasan tanpa perlu jauh-jauh. Hal ini mengingat shelter ini berada di tengah-tengah masyarakat yang mendekatkan masyarakat dengan pelayanan shelter.

Berita Lainnya:
3 dari 4 Menteri yang Dipanggil MK Tidak Bisa Diajak Kongkalikong Jokowi

Hal unik pada shelter ini, menurut dia, ketua shelter mencoba membangun kemandirian lokal dengan membangun usaha seperti membuat abon ikan dan bakso ikan. Kondisi tersebut, lanjut dia, karena keterbatasan anggaran, sedangkan untuk melaksanakan dan mengembangkan shelter membutuhkan dana anggaran. Namun, keterbatasan ini mampu diatasi dengan memanfaatkan potensi lokal.

Sedikitnya 80 orang yang tergabung dalam binaan Shelter Pattingalloang sekaligus menjadi tempat pemberdayaan ekonomi ini. Mereka sudah mampu membina keluarga-keluarga masyarakat pesisir untuk mandiri dan menyekolahkan anak-anaknya hingga ke jenjang perguruan tinggi.

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi